TOLONG DIJAWAB NYA

SOAL PERSENTASE UNTUNG DAN RUGI

1 . Pak Bhayu menjual TV , ternyata ia menderita kerugian sebesar 15 persen yg nilainya Rp.240.000 .

Tentukan harga beli dan harga jual TV itu ?

2 . Pak Iman membeli sepeda bekas dengan harga Rp.75.000 , kemudian deperbaikinya dengan biaya Rp.45.000 . Bila akhirnya sepeda itu ia jual dengan harga Rp.156.000 , maka Pak Iman akan mendapat untung sebesar ? ( hasilnya persen )

3 .Seorang pedagang membeli 18 kg apel dengan harga Rp.88.500 . Separuh apel ia jual dengan harga Rp.7.500 per kg , sepertiganya ia jual dengan harga Rp.6.800 per kg , dan sisanya ia jual dengan harga Rp.5.200 per kg . Pedagang tersebut ternyata tetap untung , besar untung yang di peroleh pedagang itu adalah ?

TOLONG BANTU AKAU OWH MASALAH NYA TUGAS NYA DIKUMPULIN NYA BESOKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKK

2
tolong aku owh........................................................................................... . nanti yang jawaban nya benar tak aku pilih yg terbaik

Jawabanmu

2014-02-06T16:56:39+07:00
2. 156.000 - (75.000+45000) =156.000 -120000 = 36000
     36.000/120.000x100% = 30%

no 1 sama 3 nya mana bantu aku owh.......................................................................................
nomor 3 soalnya rumit(cari yang gampang)
Jawaban paling cerdas!
2014-02-06T16:59:17+07:00
1. a. harga beli = 100/15 x 240.000 = 1.600.000 
    b. harga jual = 85/15 x 240.000 = 1.360.000

2. harga beli + perbaikan = 75.000+45.000= 120.000
    dijual 156.000
    keuntungan = 156.000-120.000= 36.000
    keuntungan = 36.000/120.000 x 100% = 30%

3. 
bantu ku owh.....................................................
oke sebentar ya :)
seluruh apel 18kg. hrg 88.500.
setengahnya = 9 x 7500= 67.500
sepertiganya = 6 x 6.800 = 40.800
sisa= 3 x 5.200 = 15.600
total = 123.900
keuntungan = harga jual - harga beli
= 123.900-88.500
= 35.400
MAKASIHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHH BANGET NYA Nuryana
iya sama-sama :)