Jawabanmu

2014-02-06T15:27:57+07:00
Karena majapahit dahulunya dapat menyatukan nusantara dibawah kekuasaannya setelah kerajaan sriwijaya makanya menjadi kerajaan nasional ke 2
46 3 46
Jawaban paling cerdas!
2014-02-06T15:28:27+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Kerajaan Majapahit menjadi kerajaan nasional kedua karena kerajaan nasional pertama adalah Kerajaan Sriwijaya, wilayah Kekuasaan Majapahit sangat luas. Hal tsb seperti yang di terangkan dalam kitab Negara Kertagama. Dalam kitab itu diterangkan bahwa daerah kekuasaan Majapahit, meliputi Sumatra, Semenanjung Melayu, Tumasik, Kalimantan Jawa, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Kerajaan Majapahit berhasil mempersatukan seluruh Nusantara. Kejayaan Majapahit pada masa periode ini dapat terwujud karena beberapa hal diantaranya sebagai berikut :
a.    Raja Hayam Wuruk dan Patih Gajah Mada menerapakan kepemimpinan yang adil, tegas dan bijaksana. Dengan demikian, rakyat hormat dan tunduk kepadanya.
b.    Majapahit mempunyai kekayaan alam yang melimpah. Bidang pertanian dan perdagangan nya sangat maju. Oleh karena itu, Majapahit disebut juga sebagai kerajaan agraris dan maritime.
c.    Angkatan laut Majapahit sangat kuat yang dipimpin oleh Laksamana Nala. Angkatan laut yang kuat itu mampu menjaga keamanan dan kelancaran pelayaran.
d.    Terjalin hubungan perdagangan dengan Negara Negara lain, seperti Cina, India, Arab dan Persia.
e.    Adanya sikap toleransi antar umat beragam. Penganut agama Hindu dan Budha hidup berdampingan secara damai. Di bentuk lembaga khusus untuk mengurusi masing masiing agama.
37 4 37