Di setiap daerah tertentu ada cerita rakyat ataupun dongeng yg berkaitan dengan bencana alam seperti gunung meletus maupun gempa bumi. coba cari dan tuliskan dalam bentuk cerita. kemudian diskusikan.!
yg tau tolong bantuin ya

2
sama aku jga lagi nyari
Di web kan ada bnyk jadi lumayanlah, tapi itu harus ditulis nilai moral juga dan beneran 3-4 halaman?
iyha
saamaaa
sama aku jugak...

Jawabanmu

2014-08-10T08:43:33+07:00
Dongeng:Asal Mula Gempa Bumi
Diposkan oleh Postingku
Asal Mula Gempa Bumi
Pada jaman dahulu kala hiduplah seorang saudagar laki-laki kaya yang sangat tamak saudagar ini tinggal di negeri yang bernama Altras,sementara itu diwaktu yang sama tapi berbeda tempat hidup juga seorang saudagar wanita yang tamak dan tinggal di negeri yang bernama Ultras.
Kedua saudagar ini sangat tamak dan pelit,apabila ada seseorang yang menyentuh pagar rumahnya mereka akan berteriak “Hei,mau apa kau pencuri ?”,tetangga mereka sudah terbiasa dengan kejadian seperti itu sehingga mereka tidak heran lagi apabila mereka berteriak-teriak.
Pada suatu hari kedua saudagar itu memiliki sebuah ide yaitu,”Tanah ini adalah tanah rumahku berarti tanah rumahku itu ada sampai ke bawah sana,wah kalau begitu aku bisa kaya dong”,pikir mereka.
Keesokan harinya mereka mulai mencangkul halaman rumahnya,orang-orang yang melintas hanya menggelengkan kepala melihat kelakuan mereka,kedua orang tamak itu bekerja hingga lubang yang dibuat sangat dalam.
Setelah bekerja siang dan malam akhirnya tebentuk lubang yang cukup besar dan dalam untuk dimasuki kedua orang itu.Mereka lalu memutuskan masuk ke lubang itu sambil membawa cangkul,di dalam sana mereka terkejut ternyata di dalam bumi terdapat banyak sekali harta.
Mereka terpukau dengan banyaknya sekali harta yang mereka temukan,lalu mereka memutuskan untuk mengmbil harta yang banyak itu,
saat mereka sedang mengambil harta-harta itu tiba-tiba terdengar suara gemuruh lalu semuanya menjadi gelap.
Apa yang terjadi?,ternyata kedua orang tamak itu telah menggali sampai ke bawah pondasi rumah mereka sehingga rumah mereka roboh,
sambil menyumpah-serapah mereka berjalan terseok-seok di dalam perut bumi.
Singkat cerita keduanya bertemu lalu mereka menceritakan pengalaman mereka,keduanya lalu menikah karena mereka memang belum menikah kemudian bertahun-tahun kemudian di desa tempat tinggal kedua orang tamak itu terjadi peristiwa yang mengejutkan tanah terbelah dan bumi menjadi bergetar,apa penyebanya ?,penyebabnya adalah kedua orang tamak dan anak-anak mereka mencoba keluar dari tempat itu dengan mendorong tanah yang menghalangi jalan mereka,mereka melakukakn itu terus menerus hingga ke anak cucu mereka,mereka tetap mencoba keluar dari dalam perut bumi.Orang-orang menamakan peristiwa itu sebagai Gempa Bumi,demikianlah kisah pendek tentang asal mula gempa bumi

40 4 40
makasih ya
Tolong anda jelaskan apa isi cerita yang anda katakan singkat cerita,maksudku urikan atau lanjutkan kata singkat cerita itu?
2014-08-10T10:02:57+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Maksudnya cerita dongeng. contohnya cerita situ cileunca. di suatu tempat, telah terjadi musim kemarau yang panjang. dan di tempat itu ada keluarga yng kaya raya, tetapi ia dan keluarga itu sangat lah sombong dan pelit. ia memiliki banyak persediaan makanan yang banyak, tak pernah di berikan kepada orang2 yang ada di tempat itu. pada saat itu ada seorang anak yng kelaparan dan haus, ia datang kerumah orang kaya tersebut, dan meminta sedikit air minum. tapi orang kaya itu malah mengusir anak itu. dua hari kemudian anak itu, bertemu dengan seorang nenek, lalu nenek itu pun menolong sang anak itu. ketika nenek itu kehabisan persediaan makanan, anak itu pun mohon nenek itu agar pergi ketempat yang tinggi. lalu anak itu meminta makanan, kepada para warga, namun tak ada yang memberi. lalu anak itu membuat saimbara, untuk mencabut sebatang kayu. lalu para warga mencoba mencabut sebatang kayu itu dengan angkuh. namun tak ada yang berhasil. anak itu pun berkata."kalian semua, itu tak bisa mencabut batang itu,karena kalian semua tak punya hati." lalu anak itu mencabut batang itu dengan mudah, dan keluarlah air yng banyak, hingga menenggelamkan desa itu.
...............................................................
,,,,,,,,,,,,,, itu ceritanya, bagus gak

               
15 3 15
bagus
ini cerita rakyat kan??? mitos kah cerita ini