Jawabanmu

2014-08-10T08:04:38+07:00
Mungkin ini jawabannya:
Aliran atau gaya dalam seni rupa bisa dibedakan berdasarkan prinsip cara pembuatannya. Kemunculan suatu gaya / kreativitas dalam rangka mendapatkan keunikan bisa relatif bersamaan atau meneruskan gaya sebelumnya secara selaras atau bertentangan.
2014-08-10T08:05:55+07:00
Realisme (1800-an)
Realisme Cahaya: Impresionisme.
Realisme Baru/Sosial: Menggunakan objek dampak industri di perkotaan.
Realisme Fotografis: Dikaitkan dengan keberadaan dan kekuatan untuk menyamai hasil fotografi yang sangat detail dalam menangkap objek.
Tokohnya: Annibale Carracci, Gustave Courbert, Theodore Chasseriau, Thomas Couture.Thomas Couture "A Realist"Annibale Carracci "Butchers Shop"Gustave Courbet "The Wrestlers"Theodore Chasseriau "Me Contracter"
NaturalismeAliran ini dianggap bagian dari realisme yang memilih objek yang indah dan membuai saja, secara visual seperti objek aslinya (fotografis).Dalam perkembangannya cenderung memperindah objek secara berlebihan.
Tokoh: Rembrandt, George Cole, John Constable, Luis Alvarez Catala, William Callow, Paul Alfred Curzon.
Rembrandt "The Anatomy Lesson of  Dr. Tulp"Paul Alfred Curzon "The Afternoon Pasttime"Luis Alvarez Catala "Woman Before A Mirror"
George Cole "Harvest Field"Romantisme (1818)
Aliran ini mengembalikan seni pada emosi yang lebih bersifat imajiner. Awalnya melukiskan kisah atau kejadian yang dramatis ataupun aktualitas piktorialnya selalu melebihi kenyataan. Warna lebih meriah, gerakan lebih lincah, emosi lebih tegas.
Tokohnya: Theodore Gericault, Eugene Delacroix
Eugene Delacroix "Liberty Leading the People"Theodore Gericault "Raft of Medusa"
Yong Cao "Santa Monica"Impresionisme/Realisme Cahaya/Light Painting (1874)Aliran yang menggunakan konsep melukiskan berdasarkan usaha merekam efek atau kesan cahaya yang jatuh/memantul pada suatu objek/benda, sehingga menghindari garis atau kejelasan kontur. Cahaya yang dimaksud terutama berasal dari matahari yang memiliki banyak spektrum warna. Cara melukisnya harus cepat karena cahaya matahari yang terus bergerak/berubah dan dipengaruhi oleh cahaya. Hal ini bisa membuat lukisan hanya selintas/tidak detail.Tokohnya: Claude Monet, Aguste Renoir, Camille Pissarro, Paul Cezane.
Selanjutnya aliran ini berkembang menjadi Post Impresionis. Ini bukan aliran, melainkan kelompok untuk menamai karya-karya pelukis yang mengembangkan perenungan problem cahaya dengan lebih mendalam, sehingga mencari jalan sendiri-sendiri.
Mereka menggabungkan keindahan alam dengan keindahan seni. Untuk itu harus mengubah dulu unsur-unsurnya menjadi sesuatu yang lebih mengena. Misalnya Henri Rosseaumengupayakan efek cahaya dengan stilasi. Paul Signac atau George Seurat dengan kesabarannya membuat titik-titik warna yang bervariasi dan berdekatan sehingga menimbulkan efek/kesan warna yang baru (Pointilisme). Vincent van Goghmengembangkan teknik ini secara ekspresif dengan menggunakan teknik variasi garis-garis pendek berwarna.
George Seurat "Sunday Afternoon on the Island of La Grande Jatte"Clark "Town Dock Alexandria Bay"Vincent van Gogh "Prisoners Exercing"Henri Rousseau "The Snake"Paul Cezane "View of Auvers"

Claude Monet "Red Water Lilies"Ekspresionisme (1900-an)
Aliran ini berusaha mengekspresikan aktualitas bukan hanya berdasarkan indera
Wah sulit juga ya jawab disini...

Kamu liat aja dah Blog Guru saya.. http://kiossahabatbaru.blogspot.com/2012/08/aliran-atau-gaya-dalam-seni-rupa.html