Jawabanmu

2014-08-09T22:56:27+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Polisi tentu tak tinggal diam. Berdasarkan hasil penyidikan, tercatat sembilan nama yang berasal dari susunan kepemimpinan dan pemilik PT CPS sebagai tersangka pelaku penganiayaan Marsinah. Dalam persidangan di tingkat pengadilan negeri dan tingkat banding, kesembilan orang tadi dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman. Tapi ketika persidangan naik ke tingkat kasasi Mahkamah Agung, semua tersangka malah dibebaskan demi hukum. Dasarnya: ada kesalahan prosedur dalam kasus ini.

Semenjak itulah, pengusutan Kasus Marsinah belum menunjukkan titik terang, bahkan seakan terlupakan. Pada masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid, kasus Sinah sempat dibicarakan kembali. Bahkan Gus Dur--panggilan akrabnya--saat itu meminta agar Kasus Marsinah kembali diusut. Keinginan senada pun dikemukakan Komisi Nasional HAM saat bertemu Presiden Megawati Sukarnoputri, sekitar pertengahan April 2002. Menurut Komnas HAM, Megawati sepakat buat mengusut ulang kasus kematian peraih penghargaan HAM Yap Thiam Hien 1993 itu [baca: Presiden Setuju Kasus Marsinah Diusut Kembali]. Lembaga itu mengaku menemukan celah-celah baru dalam menguak kasus tokoh yang menjadi tema film layar lebar "Marsinah (Cry Justice)" [baca: Perjuangan Marsinah Diangkat ke Layar Lebar]. Sayang disayang, pengusutan kembali kasus ini berlalu begitu saja tanpa hasil, dan tak jelas kisahnya sampai sekarang.

Asa akan keadilan yang mesti terus diperjuangkan juga membekas dalam benak rekan-rekan Marsinah. Sekitar tujuh tahun sejak peristiwa kematian Sinah, sebanyak 300 buruh PT CPS kembali menggelar unjuk rasa. Kala itu massa demonstran mehuntut kenaikan uang makan dan uang transpor [baca: Buruh CPS Kembali Berunjuk Rasa]. Tapi kali ini, PT CPS benar-benar tak mau ambil pusing. Padahal, aksi mogok kerja para buruh sudah dilakukan selama enam hari. Namun tentu saja, perjuangan belumlah selesai.

Sosok Marsinah kini tinggal sejarah buat dunia perburuhan Tanah Air, bahkan tak mustahil di mata dunia. Harapan mengungkap kematian Sinah tak boleh pupus dalam ingatan. Tanah makam yang mengeras dikelilingi pagar besi berbeton tak tergoyahkan tak boleh menahan misteri untuk terus tertutup rapat. Kasus Marsinah jangan abadi menyimpan segudang tanda tanya.(BMI/Aldi Yarman dan Zakaria)