Jawabanmu

2014-02-06T07:24:23+07:00
Termometer Raksa dan Alkohol
Prinsip yang digunakan adalah pemuaian zat cair ketika terjadi peningkatan suhu benda. Raksa digunakan sebagai pengisi termometer karena raksa mempunyai keunggulan tertentu, yaitu penghantar panas yang baik, pemuaianya teratur, titik didih-nya tinggi, warnanya mengkilap, dan tidak membasahi dinding. Sedangkan keunggulan alkohol adalah titik bekunya rendah, harganya murah,
Termometer Ruangan
Termometer ini berfungsi untuk mengukur suhu pada sebuah ruangan.
TermoKopel
TermoKopel merupakan temometer yang menggunakan bahan bimetal sebagai alat pokoknya.
15 4 15
2014-02-06T07:31:04+07:00
1. Termometer Klinis
Biasa digunakan para dokter dan perawat untuk mengukur suhu tubuh manusia.Cairan yang digunakan untuk mengisi termometer klinis adalah air raksa.Skala pada termometer klinis antara 35 derajar C-45 derajat C.

2. Termometer Bimeteral
Mengandung sebuah keping bimetal tipis berbentuk spiral.Prinsipnya makin tinggi suhu keping bimetal makin melengkung untuk menunjukkan suhu yang lebih tinggi.

3. Termometer Optik
Yaitu termometer yang cara kerjanya didasarkan pada perubahaan warna logam yang terjadi akibat perubahan suhu.Termometer optik biasa disebut juga  pyrometer yang biasanya digunakan mengukur suhu yang sangat tinggi (diatas 100 derajat C) seperti pada peleburan logam.

4.Termometer Termokopel
Terdiri atas dua kawat yang terbuat dari bahan logam yang berbeda jenisnya dan dihubungkan dengan sebuah amperemeter.
25 2 25