Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-09T18:28:58+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
PEMBENTUKAN URINE

    1. FILTRASI
Merupakan proses penyaringan sel-sel darah yang terjadi di dareah glomerulus sehingga menghasilksan filtrate glomerulus atau disebut juga dengan urine primer. Filtrat glomerulus ini masih banyak mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh, seperti glukosa, asam amino dan garam-garam mineral.

    2. REABSORBSI
Merupakan proses penyerapan kembali zat-zat yang masih dapat bermanfaat bagi tubuh. Terjadi di daerah tubulus kontortus proximal dan menghasilkan filtrate tubulus atau yang lebih dikenal dengan urine sekunder. Filtrat ini mengandung kadar urea yang tinggi yang dapat bersifat racun bagi tubuh.

    3. AUGMENTASI
Merupakan proses penambahan zat-zat yang sudah tidak terpakai dalam tubuh/zat sisa. Terjadi di daerah tubulus kontortus distal.

Proses Jalannya Urine:
Urine dalam Tubulus kolektivus yang berada dalam ginjal diteruskan oleh ureter menuju vessica urinaria menuju urethra dalam alat kelamin.

Dengan skema :
‘Ren Ureter Vessica urinaria Urethra’

2 5 2
2014-08-09T18:30:53+07:00
1. filtrasi : menyerap zat zat seperti gula, garam, urea dll. proses ini terjadi di glomerulus, proses ini menghasilkan urine primer
2. reabsorbsi : menyerap kembali zat zat yang masih berguna bagi tubuh. proses ini terjadi di lengkung henle
3. augmentasi : menambahkan zat zat yang tidak berguna bagi tubuh. pada proses ini urine sdh menjadi urine sekunder lalu di tampung di kantong kemih
semoga jawabannya membantu :)