Penyelenggaraan SKNBI dibedakan dalam dua kegiatan yaitu melalui penyelenggara kliring nasional dan penyelenggara kliring lokal. Jelaskan perbedaan dari dua kegiatan tersebut. Jelaskan juga bagaimana penyelenggaraan kegiatan sknbi di setiap wilayah, apakah kegiatan penyelenggaraannya berjalan dengan lancar atau tidak.

1

Jawabanmu

2014-02-06T15:48:12+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
SKNBI atau Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia adalah sebuah sistem baru dari Bank Indonesia dalam memberikan fasilitas transfer uang antar bank baik lokal ataupun nasional. Sesuai dari pengertian kliring itu sendiri yaitu perpindahan uang antar bank akibat dari adanya transaksi yang dilakukan oleh kustomer bank tersebut. Saat ini untuk lokal ada 105 penyedia kliring lokal yang mampu memfasilitasi kliring tersebut. Sedangkan untuk nasional sudah di back up oleh BI.

Pelaksanaan Kliring ini berjalan baik karena hal ini pula yang membuat Indonesia tidak begitu terkena dampak krisis pada tahun 2008. SKNBI berjalan paralel dengan RTGS. dan hal ini membuat bank komersial terhindar dari kredit macet karena minimnya kesediaan modal untuk kliring.