Jawabanmu

2014-08-09T15:35:43+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. menentukan objek yang iingin diamati
2. mengamati objek tersebut dengan seksama 
3. menulis keterangan dari objek tersebut
4. menulis keterangan mengenai objek tersebut
25 3 25
2014-08-09T15:44:56+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1). Ya kenali dulu struktur teks laporan hasil observasi, yaitu:
≈ Definisi umum
≈ Deskripsi bagian
≈ Deskripsi manfaat

2). Cari tema. Apa yang bakal kamu bahas dalam teks laporan hasil observasi yang akan kamu buat itu? Ambil contoh, ya: Ikan Hias.

3). Paragraf pertama yaitu Definisi Umum. Jadi, dalam paragraf itu kamu mendeskripsikan secara umum dan secara garis besar hal yang akan kamu bahas lebih lanjut. Bagian Definisi Umum ini identik dengan kata kerja kopula (yaitu, adalah, ialah, digolongkan). Misalnya:

[Paragraf Definisi Umum] Ikan adalah binatang bertulang belakang yang hidup di air dan bernafas dengan insang. Di antara ikan-ikan itu ada yang fungsinya sebagai hiasan. Ikan hias ini ada yang berasal dari air asin (laut) dan air tawar. Ada lima jenis ikan air tawar yang banyak digemari, yakni ikan Cupang, ikan Manfish, dan ikan Discuss.

4). Bagian Deskripsi Bagian berisikan tentang penjelasan atau pendeskripsian mendetil dari hal yang kamu bahas itu tadi. Contoh:

[Paragraf Deskripsi Bagian] Ikan cupang adalah jenis ikan kecil yang cantik. Ikan hias ini sangat dikenal masyarakat Indonesia, khususnya anak-anak. Ikan ini terkenal akan kecantikannya. Ada yang berwarna biru, dan ada yang berwarna ungu. Ikan ini cantik karena ekornya mengembang. Sayangnya, ikan ini agresif sehingga tempat penyimpanannya harus tersendiri. Pusat budi daya ikan ini banyak terdapat di Indonesia.
Ikan Manfish dikenal juga dengan Angel Fish. Ikan ini berasal dari Amerika Selatan. Ikan kecil ini juga digemari masyarakat Indonesia karena bentuknya yang Indah. Bagian tubuhnya ada yang berwarna perak dan bagian ekornya berwarna merah tua. Gerakan ikan ini sangat tenang. Pusat budi daya ikan ini terdapat di Jakarta dan Bogor.
Ikan Discus merupakan rajanya ikan hias air tawar. Ikan ini menarik dan banyak peminatnya sehingga banyak orang yang ingin memeliharanya. Ikan ini bentuk, warna, dan coraknya juga menarik. Harganya juga agak mahal. Sayangnya, ikan Diskus ini masih belum banyak di Indonesia.



Disitu dijelaskan lebih lanjut dan mendetil kan tentang ikan hias seperti ikan cupang, ikan manfish, dan ikan discuss? :) hehe.


5). Bagian Deskripsi Manfaat berisikan tentang manfaat dari hal yang telah diceritakan atau dipaparkan dalam bagian Definisi Umum dan Deskripsi Bagian tadi. Seperti:

[Paragraf Deskripsi Manfaat] Ikan hias ini biasanya dipelihara di dalam kolam atau akuarium. Salah satu manfaatnya bagi manusia sebagai hiburan dan obat stress. Setelah pulang bekerja, menguras tenaga, pikiran akan tenang seketika setelah memandang ikan-ikan cantik ini.


Semoga membantu :)





35 4 35
Terima Kasih,jawaban ini sangat membantu saya mengerjakan pr
kalau [Paragraf Deskripsi] tentang ambing contohnya seperti apa?
please,bantuin pr aku nih kurang ngerti ngerjainnya -_- :'(
makasih, ngebantu banget nih...