Sebuah foto diletakkan pada selembar karton berukuran lebar 20 cm dan tinggi 30 cm. Lebar foto sejajar dengan lebar karton. Disebelah atas, kiri, dan kanan foto tadi masih terdapat karton selebar 3 cm. Sehingga foto tersebut sebangun dengan karton.
a. Berapa lebar karton disebelah bawah yang tidak tertutup oleh foto tersebut
b. Tentukan perbandingan luas foto & luas karbon

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-09T12:18:58+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Buat sketsanya dulu
30/20=x/14
420=20x
x=420:20=21 cm
lebar karton disebelah bawah yang tidak tertutup oleh foto tersebut=30-21-3=6 cm
perbandingan luas foto & luas karbon=luas karton=20.30=600 cm²
luas foto=21.14=294 cm²
luas foto:luas karton=294:600=147:300=49:100
7 3 7
angka 14 itu dari mana
14 itu dari soalnya
Owhh..
2014-08-09T12:25:54+07:00
Bearti fotonya ukurannya, 14cm x 27-a  ( 14 itu dapetnya dari 20cm - 3cm (sisa karton kiri) - 3cm. Terus 27-a itu dapetnya dari 30 - 3cm (sisa karton atas) - a (sisa karton bawah, yg kita ga tau berapa.)

Lalu, tinggal pake perbandingan. 
lebar karton / panjang karton  = lebar foto / panjang foto (atau sebaliknya. akhirnya juga sama aja kok.)
20 / 30 = 14 / (27 - a)
2 / 3  = 14 / (27 - a)
1 / 3 = 7 / (27 - a)
lalu, kali silang. 1cm sama (27 - a), trus 3cm sama 7cm
27 - a = 21
- a = 21 - 27
- a = - 6
a = 6
selesai 

3 3 3