Jawabanmu

2014-08-09T11:47:28+07:00
Sebagai guru dan praktisi pendidikan, mari kita sama-sama menunggu Kurikum 2013 ini, dan jangan cepat-cepat mencelahnya. 

Bila kita lihat dari kondisi kekinian jiwa nasionalisme seluruh elemen bangsa, hal ini diharapkan dapat membantu untuk mengembalikan kepercayaan rakyat —terutama para pelajar melalui materi-materi pembelajaran— yang selama ini telah tercabik-cabik.  

Bila ingin kita cermati bagaimana posisi mapel Bahasa Indonesia setelah diasupi oleh IPA dan IPS nanti, sebenarnya ada kelebihan dan kekurangan bagi mapel Bahasa Indonesia itu sendiri. Sebagai kelebihan mapel Bahasa Indonesia diintegrasikan dengan IPA dan IPS, pertama, bak pepatah sekali mendayung dua-tiga pulau terlampaui atau pepatah lain mengatakan sambil menyelam minum air.

Maksudnya, ketika guru menyampaikan pelajaran Bahasa Indonesia, yang tersampaikan saat itu tidak hanya materi Bahasa Indonesia, tetapi juga ada IPA dan IPS di dalamnya. Hal ini mungkin dapat dilihat pada teks-teks wacana yang biasa digunakan dalam pelajaran Bahasa Indonesia. 

Teks-teks yang dimaksud, dalam rangka penintegrasiannya, tentu harus mencari teks-teks yang memuat mapel yang akan diintegrasikan. 

Kedua, banyak komentar terkait Kurikulum 2013 ini tentang keresahan akan dikemanakan guru-guru mapel IPA dan IPS, dan apa lagi tugas mereka? Justru pengintegrasian ini sebenarnya memberikan kesempatan kepada guru untuk berkolaborasi dalam menyampaikan materi pembelaran. 
2014-08-09T11:52:17+07:00
Sebagai guru dan praktisi pendidikan, mari kita sama-sama menunggu Kurikum 2013 ini, dan jangan cepat-cepat mencelahnya. 

Bila kita lihat dari kondisi kekinian jiwa nasionalisme seluruh elemen bangsa, hal ini diharapkan dapat membantu untuk mengembalikan kepercayaan rakyat —terutama para pelajar melalui materi-materi pembelajaran— yang selama ini telah tercabik-cabik.  

Bila ingin kita cermati bagaimana posisi mapel Bahasa Indonesia setelah diasupi oleh IPA dan IPS nanti, sebenarnya ada kelebihan dan kekurangan bagi mapel Bahasa Indonesia itu sendiri. Sebagai kelebihan mapel Bahasa Indonesia diintegrasikan dengan IPA dan IPS, pertama, bak pepatah sekali mendayung dua-tiga pulau terlampaui atau pepatah lain mengatakan sambil menyelam minum air.

Maksudnya, ketika guru menyampaikan pelajaran Bahasa Indonesia, yang tersampaikan saat itu tidak hanya materi Bahasa Indonesia, tetapi juga ada IPA dan IPS di dalamnya. Hal ini mungkin dapat dilihat pada teks-teks wacana yang biasa digunakan dalam pelajaran Bahasa Indonesia. 

Teks-teks yang dimaksud, dalam rangka penintegrasiannya, tentu harus mencari teks-teks yang memuat mapel yang akan diintegrasikan. 

Kedua, banyak komentar terkait Kurikulum 2013 ini tentang keresahan akan dikemanakan guru-guru mapel IPA dan IPS, dan apa lagi tugas mereka? Justru pengintegrasian ini sebenarnya memberikan kesempatan kepada guru untuk berkolaborasi dalam menyampaikan materi pembelaran.