1. sebagai tanaman hias: paku tanduk rusa (platycerium bifurcatum), paku sarang burung (Asplenium sp), suplir (Adiantum sp) dan paku rane (selaginella sp)
2. Penghasil obat – obatan: Aspidium sp, Dryopteris filix mas, dan Lycopodium clavatum.
3. Sebagai sayuran: semanggi (marsilea crenata) dan pteridium aqualium
4. Sebagai bahan pupuk hijau: azolla piñata,
5. Sebagai salah satu bahan dalam pembuatan karangan bunga: Lycopodium cernuum.

Jawabanmu

2014-02-05T21:50:17+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Sebagai Obat , makanan JUga Bisa .
4 2 4
2014-02-05T21:50:50+07:00
1. Sebagai bahan baku pembuatan obat-obatan.
Beberapa jenis tumbuhan paku dimanfaatkan manusia sebagai bahan baku dalam membuat obat-obatan. Jenis-jenis tumbuhan paku tersebut diantaranya adalah : 
- Lycopodium clavatum
- Aspidium sp
- Dryopteris filix-mas

2. Sebagai sayur-mayur yang sehat
Beberapa jenis tumbuhan paku seperti Marsilea crenata (semanggi) dan Salvinia natans (pakusampan  atau kiambang) dapat dimanfaatkan sebagai sayuran yang memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh. Bisa dimakan langsung sebagai lalap atau pun dimasak sebagai sayur lodeh.

3. Sebagai Pupuk Hijau
Tumbuhan paku juga dapat kita manfaatkan untuk membuat pupuk hijau. Beberapa jenis tumbuhan paku yang dipakai untuk membuat pupuk ini diantaranya adalah Azolla pinnata yang bersimbiosis dengan anabaena azollae (gangang biru). Pupuk dari tumbuhan paku ini bisa menyuburkan tanaman sebagai alternatif pengganti pupuk kimia.

4. Sebagai tanaman hias
Selain beberapa manfaat di atas, tumbuhan paku bisa juga dimanfaatkan sebagai sebuah tanaman hias. Rumah anda bisa terlihat indah oleh tumbuhan paku jenis ini. Berikut adalah jenis tumbuhan paku yang dimanfaatkan sebagai tanaman hias.
Platycerium nidus (paku tanduk rusa)Asplenium nidus (paku sarang burung)Adiantum cuneatum (suplir) Selaginella wildenowii (paku rane) 
7 3 7