Jawabanmu

2014-08-09T10:38:10+07:00
E --> [M][L]²[T]⁻²
x² --> [L]²
maka
k --> [M][T]⁻²
berarti k dimensi dari apa ??
dimensi 'tegangan permukaan'
Jawaban paling cerdas!
2014-08-09T11:10:36+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Ingat apa satuan energi??
yap.. satuannya joule.. nah Joule itu setara dengan apa? kalau Lupa.. ingat ja rumus usaha.. karna usaha juga merupakan energi..
W = F .s
W = m . a . s
W = kg . m/s² . m
W = kg m²/s²
nah joule itu setara dengan satuan kg m²/s²
brarti dimensi usaha apa??? hayoo???
jadi dimensi usaha itu M L²  T^{-2}
masuk deh ke permasalahan

E =  \frac{1}{2} k x^{2}
oh iya.. ini rumusnya mencari energi potensial pegas.. jadi x itu sama halnya dengan jarak atau simpangan pegas.. so, satuannya pasti meter dengan dimensi L
maka
ML² T^{-2} = k . L²
nb : setengahnya diabaikan aja ya, karna tuh konstanta..
so,, k = M  T^{-2}
oke.. thanks telah membaca.. kalau ada yang salah, sorry ya.. byeee..
makasih ya membantu banget
okeee... :)
lalu besaran dari k itu apa ya ?
kalau berdasarkan rumus energi potensial pegas.. k itu adalah konstanta yang dimiliki oleh pegas itu sendiri.. itu adlaah besaran turunan..
oke2 thanks