Apa tujuan para pemuda mengamankan soekarno-hatta ke rangesdengklok pada tanggal 16 agustus 1945?

2
mendesak ir.soekarno agar segera memproklamasikan kemerdekaan RI dengan kekuatan sendiri bukan atas bantuan dari negara lain

kayaknya :)
thanks
Inti dari pengamanan soekarno-hatta adalah untuk menghindari intervensi jepang khususnya dalam persepsi untuk menjanjikan kemerdekaan dikemudian hari, sehingga para pemuda yang dikomandoi oleh Chaerul Saleh berinisiatif untuk menculik soekarno dan hatta dan menginap ditempat pemimpin PETA yaitu Laksamana Maeda.
for your information, Ir. Soekarno & M. Hatta TIDAK DICULIK. gua dapet info itu dari guru gua. guru gua nyari dari berbagai sumber.
para pemuda hanya mengamankan kedua tokoh proklamator tersebut agar tidak diintervensi oleh jepang. kedua tokoh itu tidak mau adanya pertumpahan darah jadi mereka bersifat netral, nah berhubung para pemuda punya semangat tinggi serta tidak mau adanya urusan atau ikut campur jepang atas kemerdekaan indonesia. maka mereka berinisiatif untuk mengamankan kedua proklamator ke rengasdengklok dan mereka tinggal sebentar di rumah laksamana maeda petinggi PETA.

Jawabanmu

2014-02-05T21:26:52+07:00
Agar golongan tua tidak terpengaruh untuk meunda proklamasi
3 2 3
Komentar sudah dihapus
agar tidak mendapatkan pengaruh dari jepang. rengasdengklok pada saat itu merupakan tempat yang terpencil, dan tentara Jepang tidak ada yang mengawasi disana.
2014-02-05T21:27:27+07:00
Agar saat-saat menjelang proklamasi, soekarno-hatta pola fikirnya tidak terpengarus olah jepang
2 2 2