Jawabanmu

2014-08-08T23:50:09+07:00
Protoplasma ama sitoplasma bisa dibilang sama
komponen kimia penyusunnya :
. air
. protein
. lipida
. karbohidrat
. zat anorganik lain
3 4 3
Jawaban paling cerdas!
2014-08-09T01:56:21+07:00
Protoplasma itu istilah umum dari sitoplasma.
Ini merupakan bagian utama dari sel.
Protoplasma terdiri dari dua komponen utama yaitu air dan komponen organik atau komponen non organik.
Komponen organik terdiri dari karbohidrat, lipida, protein dan beberapa komponen spesifik seperti enzim, vitamin, dan hormon.
Komponen anorganik terdiri atas air, garam mineral, gas oksigen, karbon dioksida, nitrogen, dan amonia.
Pada sel hewan dan tumbuhan protoplasma mengandung sekitar:
75-85 % air
10-20 % protein
2-3% lipida
1% karbohidrat
dan 1 % zat-zat anorganik lainnya.
Semoga cukup, ini saya lampirkan juga gambar dari Analisa Abu, unsur unsur penyusun protoplasma. Yang paling dominan tentu saja air.
3 5 3