Jawabanmu

2014-08-08T21:25:08+07:00
Roda gigi cacing di gunakan untuk posisi sumbu bersilangan dan mentransmisikan putaran selalu berupa reduksi. Pada sepasang roda gigi cacing terdiri dari batang cacing yang selalu sebagai penggerak dan Roda gigi cacing sebagai pengikut.

Jawaban paling cerdas!
2014-08-08T21:29:35+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Roda gigi cacing (ulir cacing) adalah jenis roda gigi yang terdiri dari 1 atau lebih gigi dengan bentuk menyerupai sekrup. Biasanya dibuat bersama dengan pasangannya, pasangan roda gigi cacing sering disebut pinion/poros cacing.
Secara fisik, roda gigi cacing memiliki cekungan di tiap giginya. Cekungan ini bertujuan mengubah titik kontak antara roda gigi dengan pinion/poros cacing yang biasanya berupa titik, menjadi berupa garis. Sehingga kontak yang terjadi menjadi lebih lama, dan dapat menghasilkan media transmisi daya tinggi.
RODA GIGI CACING DAN BATANG GIGI Roda gigi cacing di gunakan untuk posisi sumbu bersilang. Pada sepasang roda gigi cacing terdidari datang cacing yang selalu menjadi pengerak dan roda gigi cacing sebagai pengikut. Dan batang roda gigi lebih kuat dari pada roda cacingnya. Bentuk alur cacingnya berbentuk spiral. Batang cacing atau ulir cacing adalah ulir yang berbentuk mirip dengan ulir trapesium
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
Poros cacing dan roda gigi memiliki perbandingan rasio yang besar. Sebagai contoh, roda gigi heliks biasanya terbatas pada rasio gigi kurang dari 10:1, sementara roda gigi cacing memiliki variasi rasio dari 10:1 ke 500:1. Kerugian dari pasangan roda gigi cacing adalah rendahnya efisiensi karena perbandingan rasio yang cukup besar.
Keuntungannya adalah dengan memberikan hasil yang maksimal dengan kekuatan maksimal. Roda gigi ini biasanya digunakan untuk kecepatan-kecepatan tinggih dengan kemampuan mereduksi kecepatan yang maksimal. Serta dapat pengikat contohnya pada eretan mesin bubut. Juga terdapat pada mesin bor tangan (manual). Serta pada poros mobil.
KLASIFIKASI RODA GIGI CACING
Roda gigi cacing termasuk kedalam jenis helical gear, namun memiliki sudut yang agak besar (hampir 90 derajat) dan ukurannya biasanya cukup panjang dalam arah aksial dan oleh karena itu bentuknya menyerupai sekrup.

1 5 1