Jawabanmu

2014-08-08T20:50:26+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Gerak Endonom adalah gerak rotasi sitoplasma/respon dari dalam tubuh tumbuhan.
contohnya: gerak pertumbuhan dan gerak perpindahan sitoplasma.

Gerak Higroskopis adalah gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh perubahan kadar air di dalam sel sehingga terjadi pengerutan yang tidak merata.
contohnya: membukanya dinding sporangium paku-pakuan dan merekahnya kulit buah-buahan yang sudah kering pada tumbuhan polong-polongan.

Gerak Esionom adalah gerak tumbuhan yang disebabkan oleh adanya rangsangan dari lingkungan sekitar.
contohnya: gerak menutupnya daun putri malu saat disentuh.



11 3 11
a. Gerak autonom / endonom Terjadi akibat rangsangan tumbuhan itu sendiri. Contohnya Gerak melingkar aliran sitoplasma dalam sel daun hydrilla verticillata. Gerak tumbuhnya akar, batang, daun, dan bunga akibat respons dari oertumbuhan.
b. Gerak esinom di pengaruhi oleh rangsangan dari luar tumbuhan. Dibedakan menjadi 3 yaaitu triposme, nasti, dan taksis.
c. Gerak higroskopis yaitu gerak bagian tumbuhan akibat perubahan kelembaban di dalam sel sehingga terjadi pengerutan yang tidak merata pada sel sel penyusunnya. Contoh Gerak membukanya sporsngium pada tumbuhan paku dan lumut. dan Pecahnya kulit buah tumbuhan polong polongan yang sudah kering.