Jawabanmu

2014-08-08T16:42:30+07:00
Cina yang dituangkan ke dalam buku Book of Various Experiences. Buku ini mengisahkan keajaiban dunia atau Imago Mundi.
2. Jatuhnya ibukota Romawi Timur (Konstantinopel) ke tangan Kesultanan Turki pada tahun 1453. Hal ini menyebabkan terputusnya hubungan dagang ke dunia Timur. Bangsa Barat pun berusaha mencari jalan sendiri ke pusat rempah-rempah di Asia.
3. Bergeloranya semangat penaklukan terhadap orang-orang yang beragama Islam. Dengan semangat inilah Ratu Isabella (Spanyol) membiayai penjelajahan samudera oleh Columbus pada tahun 1492.
4. Berkembangnya teknik pelayaran dan penemuan kompas.
5. Pendapat Copernicus dan Gallileo-Gallilei yang menyatakan bahwa bumi ini bulat.
6. Munculnya hasrat untuk mengetahui lebih mendalam tentang rahasia alam semesta, keadaan geografi, dan bangsa-bangsa yang tinggal di belahan bumi lain.
7. Ingin memperoleh keuntungan atau kekayaan sebanyak-banyaknya.

Setelah sampai di wilayah yang dikuasai, mereka menerapkan imperialisme dan kolonialisme. Imperialisme (imperare berarti memerintah atau menguasai) adalah politik menguasai daerah lain untuk dijadikan wilayah kekuasaannya (imperium). Ada beberapa aspek yang menyebabkan lahirnya imperialisme.
1. Keinginan untuk menjadi bangsa yang terbesar di seluruh dunia.
2. Perasaan sebagai bangsa yang istimewa di dunia (racial superiority).
3. Hasrat menyebarkan agama atau ideologi.
4. Letak suatu negara yang secara geografis dianggap menguntungkan.
5. Sebab-sebab ekonomi seperti keinginan mendapatkan kekayaan, ingin ikut dalam perdagangan dunia, ingin menguasai perdagangan, dan menjamin suburnya industri.


5 2 5