Jawabanmu

2014-08-08T14:30:13+07:00
Nutasi :Gerak spontan dari tumbuhan yang tidak disebabkan adanya rangsangan dari luar.Misalnya:
Gerakan aliran sitoplasma pada tanaman air Hydrilla verticillata.
Higroskopis :Gerak bagian tumbuhan yang terjadi karena adanya perubahan kadar air pada tumbuhan secara terus menerus, akibatnya kondisi menjadi sangat kering pada kulit buah atau kotak spora sehingga kulit biji atau kotak spora pecah.
Misalnya:
Pecahnya kulit buah polong-polongan (lamtoro, kembang merak, kacang buncis, kacang kedelai). Hal ini disebabkan berkurangnya air pada kulit buah. Kulit buah menjadi kering, retak dan akhirnya pecah sehingga bijinya terpental ke luar. Pecahnya kulit buah dan terpentalnya biji sebenarnya merupakan cara tumbuhan tersebut memencarkan alat perkembangbiakannya. Gerak higroskopis juga terjadi pada membukanya kotak spora (sporangium) tumbuhan paku (Pteridophyta) dan lumut (Bryophyta).
 
2014-08-08T14:34:23+07:00
Gerak Endenom
Gerak pada tumbuhan ada yg tidak diketahui penyebabnya. Rangsangan yg menyebabkan gerakan ini diduga berasal dari dalam, sehingga disebut gerak endenom. Ada pula yg beranggapan bahwa gerak ini terjadi dengan sendirinya tanpa sebab. Oleh karena itu, gerak endenom disebut juga gerak autonom atau spontan. Adanya gerak endenom diperhatikan pada gerak aliran sitoplasma. Kloroplas di dalam sel tumbuhan tidak diam, tetapi selalu bergerak mengikuti aliran sitoplasma.
1 5 1