Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-02-05T19:13:17+07:00
Setiap magnet mempunyai dua kutub, dan kutub itu dapat dibedakan dengan menggunakan medan magnet bumi. Magnet tersebut dibiarkan mempunyai gerakan bebas lalu dapat dilihat ujung-ujungnya dengan menggunakan arah mata angin Ujung magnet yang menunjuk ke arah selatan berarti itu kutub selatannya dan yang menghadap utara itu adalah kutub utaranya.
20 4 20
2014-02-05T19:13:20+07:00
Menentukan Kutub-kutub Magnet Gambar jalannya arus listrik yang keluar dari kutub positif sumber listrik, sekali lagi selalu keluar dari kutub positif (yang panjang). Beri tanda panah sepanjang lintasan yang dilalui arus hingga masuk ke kutub negatif sumber (yang pendek).Perhatikan arah melilit kawat, untuk contoh pertama di atas lilitan kawat di ujung kiri, melewati bagian belakang media yang dililit yang digambarkan sebagai sebuah tabung.Akibatnya karena mengikuti jalur lilitan maka arah arus di bagian depan tabung adalah ke bawah dan berulang beberapa kali hingga akhirnya keluar lilitan melewati sisi depan tabung menuju kutub negatif.Gunakan kaidah tangan kanan untuk menentukan kutub utara dan selatan magnet.4 jari sesuaikan arahnya dengan arah arus di bagian depan tabung, arah kuku-kuku jari searah dengan anak panah di bagian depan kumparan,  yang berakibat ibu jari berada di sebelah kanan.Arah yang ditunjuk oleh ibu jari (kanan) menjadi kutub utara magnet kita, sehingga selatannya ujung kiri kumparan.
14 4 14