Jawabanmu

2014-08-08T12:54:52+07:00
Jadi gini, pas 16 Agustus malem-malem,
abis Soekarno-Hatta diculik (rengasdengklok), kan mereka ke rumah Laksamana Maeda Jl. Imam Bonjol No. 1 buat nyusun teks proklamasi, nah abis itu, si sukarni saranin Soekarno-Hatta yang nanda tanganin teksnya.

Terus Sukarni juga saranin supaya proklamasi di lapangan ikada (lap. banteng) aja. Tapi Ir. Soekarno ga mau, soalnya menurut Ir. Soekarno, lapangan ikada adalah lapangan umum yang dapat menimbulkan bentrokan antara masyarakat dengan tentara Jepang.

Intinya, tentara Jepang masih pada di indo pas Jepang kalah tanpa isyarat. Denger Indo mau merdeka, tentu mereka pasti cegah dong. Saat itu, kabar sudah tersebar luas, bahwa mau ada pembacaan teks proklamasi di lapangan ikada. Nah tentara Jepang udah siap-siap mau bubarin. Tapi Ir. Soekarno minta di rumah dia aja, jalan pegangsaan timur no. 56. Jadi secara ga langsung kayak strategi juga sih. Tentara udah ke lapangan ikada, ternyata malah di rumah soekarno. Jadi proklamasi berjalan dengan lancar tanpa hambatan Jepang.
Sukarni juga menyarankann supaya proklamasi di lapangan ikada (lap. banteng) aja. Tapi Ir. Soekarno tidak ingin, sebab menurut Ir. Soekarno, lapangan ikada adalah lapangan umum yang dapat menimbulkan bentrokan antara masyarakat dengan tentara Jepang.
Intinya, tentara Jepang masih ada di indonesia, pada saat Jepang kalah tanpa isyarat. Mendengar Indo mau merdeka, tentu mereka pasti ingin mencegah. Saat itu, kabar sudah tersebar luas, bahwa akan ada pembacaan teks proklamasi di lapangan ikada. Nah tentara Jepang sudah siap-siap akan membubarkan. Tapi Ir. Soekarno minta di rumah beliau saja, jalan pegangsaan timur no. 56. Tentara sudah ke lapangan ikada, ternyata malah di rumah soekarno. Jadi proklamasi berjalan dengan lancar tanpa hambatan Jep
ang
terimakasih atas bantuannya!
copast di yahoo! ya???
2014-08-08T12:56:23+07:00
Ketika itu tntara Jepang sdang berjaga ketat di sekitar lapangan Ikada (lpngan banteng) ma istana negara makanya spaya ga ketauan tntara Jepang proklamasinya di Jln. Pegangsaan. Klo di Lap. Ikada bisa - bisa dibrondong tentara Jepang lah.:)
maaf, saya juga tahu tentang hal tsb, maksud saya disini ingin mendapatkan jawaban dengan kata-kata yang baik dan benar. thank
mirip dengan yang di yahoo!
copast ya?
:3