Jawabanmu

2014-08-07T23:49:22+07:00
Indonesia merupakan negara kepulauan dengan pulau-pulaunya yang membentang dari Sabang sampai
Merauke. Luas daratan dan luas perairang wilayah Indonesia perbandingannya yaitu 1 : 3. Artinya yaitu, sebagian besar wilayah Indonesia terdiri atas wilayah perairan. Berikut adalah batas wilayah Indonesia :
1. Utara : Selat Malaka, Singapura, Laut Cina Selatan, Malaysia Timur, Laut Sulawesi, dan Samudra Pasifik.
2. Selatan : Laut Arafuru, Laut Timor, dan Samndra Hindia.
3. Timur : Papua Nugini dan Samudra Pasifik.
4. Barat : Samudra Hindia.

Letak Astronomis
Letak astronomis disebut juga letak absolut. letak astronomis yaitu letak suatu wilayah atau negara terhadap garis lintang dan garis bujurnya. letak astronomis Indonesia antara 6°LU - 11°LS dan 95°BT - 141°BT. Wilayah Indonesia paling utara yaitu Pulau We di Aceh. Paling selatan yaitu Pulau Rote. Paling barat yaitu diujung utara Pulau Sumatra. Paling timur yaitu Kota Merauke.

Letak Geografis
Letak geografis adalah letak suatu daerah atau tempat dilihat dari keadaan sebenarnya dimuka bumi. Secara geografis, wilayah Indonesia terletak pada posisi silang antara dua benua dan dua samudra. Dua benua itu adalah Benua Asia ( utara ) dan benua Australia ( selatan ). Dua samudra itu adalah Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Letak Geologis
Letak Geologis adalah letak suatu wilayah berdasarkan susunan batuan yang ada pada bumi. Letak geologis inilah yang menyebabkan di wilayah Indonesia banyak dijumpai gunung berapi sehingga banyak di wilayah Indonesia yang kesuburannya cukup tinggi tetapi di wilayah Indonesia rawan akan bencana alam.