Jawabanmu

2014-08-07T19:48:45+07:00
ilai-nilai yang terkandung dalam pancasila dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

 Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dari Sila ke I sampai Sila Sila ke V yang harus diaplikasikan atau dijabarkan dalam setiap kegiatan pengelolaan lingkungan hidup adalah sebagai berikut ( Soejadi, 1999 : 88- 90) :

1.      Dalam Sila Ketuhanan Yang Maha Esa terkandung nilai religius, antara lain :

a.       Kepercayaan terhadap adanya Tuhan Yang Maha Esa sebagai pencipta segala sesuatu dengan sifat-sifat yang sempurna dan suci seperti Maha Kuasa, Maha Pengasih, Maha Adil, Maha Bijaksana dan sebagainya;

b.      Ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, yakni menjalankan semua perintah- NYA dan menjauhi larangan-larangannya. Dalam memanfaatkan semua potensi yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Pemurah manusia harus menyadari, bahwa setiap benda dan makhluk yang ada di sekeliling manusia merupakan amanat Tuhan yang harus dijaga dengan sebaik-baiknya; harus dirawat agar tidak rusak dan harus memperhatikan kepentingan orang lain dan makhluk-makhluk Tuhan yang lain.

c. Keseimbangan antara hak dan kewajiban, menghormati hak milik orang lain;
Butuh sila yg ke-3
2014-08-07T20:06:23+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Penerapan sikap pada sila ke tiga yang berbunyi "Persautuan Indonesia", contonya: Kita menjaga persatuan dan kesatuan dengan warga masyarakat desa, teman sekelas, saudara, dan dengan seluruh warga negara dari sabang sampai merauke.
Contoh yang lain, kita harus bisa menerima keberagaman yang dimiliki Indonesia dengan sikap yang positif, misalnya kita harus menghormati apabila teman kita yang berbeda agama dengan kita sedang beribadah, kita tidak boleh mengejeknya, justru kita harus mendukung teman kita agar selalu ingat untuk beribadah
Contoh lainnya: kita harus saling tolong menolong antarsesama, karena dengan begitu akan timbul suatu kepercayaan dalam masyarakat tersebut dan bisa lebih meningkatkan persatuan dan kesatuan.