Jawabanmu

2014-08-07T16:36:42+07:00
Asal-usul nilai-nilai pancasila ada yang berasal dari budaya Indonesia sendiri namun ada juga yang berasal dari kebudayaan luar Indonesia. secara kultural nilai-nilai / unsur-unsur pancasila terdapat pada adar istiadat, tulisan, bahasa, slogan, kesenian, kepercayaan, agama, dan kebudayaan.

2 3 2
2014-08-07T16:39:01+07:00
1. Sila Ketuhanan Yang Maha Esa
Di Indonesia terdiri dari berbagai macam agama. Agama di Indonesia banyak di bawa oleh pedagang-pedagang dari luar, pada masa kejayaan para pedagang berdagang dengan menyebarkan agama yang dianutnya. Agama Islam dibawa oleh pedagang dari gujarat arab dan agama Hindu dibawa oleh pedagang dari luar Indonesia namun persatuan dan kesatuan di Indonesia tetap terjaga dan setiap manusia tidak membedakan agama yang dianut. Dalam hal ini sila Ketuhanan Yang Maha Esa menegaskan bahwa setiap manusia bebas memeluk agama yang diyakini menurut keyakinannya masing-masing.

2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
Setiap manusia dituntut untuk adil dengan sesama dan manusia di dunia ini tidak hidup sendirian, pasti manusia akan membutuhkan bantuan orang lain. Karena banyak berbagai jenis manusia dan banyak negara lain selain negara Indonesia di dunia ini maka keadilan harus terjaga. Untuk itulah sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab dicantumkan dalam Pancasila.

3. Persatuan Indonesia 
Kawasan Indonesia banyak didiami berbagai macam suku budaya. Semua warga negara Indonesia baik yang asli keturunan Indonesia maupun yang bukan asli keturunan Indonesia atau asing dari berbagai macam suku bangsa dapat menjalin kerjasama yang erat dalam wujud gotong royong dan kebersamaan. Dalam nilai persatuan terkandung adanya perbedaan yang bisa terjadi di dalam kehidupan masyarakat maupun bangsa, baik perbedaan agama, adat istiadat, namun suku perbedaan itu tidaklah harus dijadikan perselisihan tetapi harus dijadikan suatu kerjasama untuk menjalin persatuan dan kesatuan.

4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan
Suatu pemerintahan rakyat dengan cara melalui badan tertentu yang ditempuh melalui jalan musyawarah untuk mufakat. Di Indonesia, terdapat berbagai macam badan penyalur aspirasi rakyat misalnya MPR, DPR, DPD, dan DPRD. Indonesia menganut sistem demokrasi Pancasila yang artinya sistem pemerintahan dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. Ada pula berbagai macam sistem demokrasi lainnya di negara-negara Eropa misalnya Amerika. Demokrasi asal mulanya dari bahasa Yunani yaitu Demos dan Cratos, Demos artinya rakyat dan Cratos artinya pemerintahan. Dalam artian bahwa sila Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan tidaklah hanya berasal dari budaya Indonesia sendir melainkan juga berasal dari budaya luar Indonesia.

5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia 
Apabila sila ke-5 kita teliti merupakan nilai luhur bangsa Indonesia yang telah dimiliki dan dilaksanakan. Fakta sejarah membuktikan keterkaitan dengan nilai luhur sila ke-5 dari peristiwa sejarah kebudayaan Indonesia:
a. Raja Airlangga menyuruh membuat tanggul dan waduk untuk mencegah banjir dan mengairi sawah rakyat, agar rakyat dapat bercocok tanam. Dal hal ini jelaslah bahwa raja Airlangga bekerja keras memajukan kesejahteraan rakyatnya.
b. Dalam bidang seni sastra kerajaan Kediri mencapai hasil yang sampai sekarng masih dikagumi oleh orang lain. Apabila diteliti salah satu faktor kemajuan seni sastra di Kediri adalah menghargai orang lain. Hal ini membuktikan raja melindungi seni sastra rakyatnya.
c. Jalan hidup raja pertama Mahapahit Raden Wijaya yang penuh dengan perjuangan. Kedudukan sebagai raja memegang kekuasaan kerajaan Majapahit melalui kerja keras dan perjuangan panjang. 
Dari hal-hal tersebut di atas menyimpulkan bahwa setiap pemerintahan negara haruslah memperhatikan nasib setiap rakyatnya dan mewujudkan keadilan bagi seluruh rakyatnya.


2 1 2