Jawabanmu

2014-08-07T15:30:11+07:00
Bambu adalah bahan baku dari Angklung. Untuk membuat satu angklung utuh menurut salah seorang perajin angklung Saung Angklung Udjo, Ahmad Rosidi (58) ada tiga jenis bambu yang digunakan yaitu bambu hitam, bambu tali dan bambu gombong. Bambu hitam untuk tabung suara, bambu tali/rotan untuk dasar rangka dan bambu gombong untuk tiang rangka angklung.Bambu yang digunakan setidaknya harus berusia 5 tahun. Jika kurang dari 5 tahun bambu masih muda dan rapuh sedangkan jika lebih dari 5 tahun bambu terlalu keras dan warnanya kusam. Hal itu akan membuat suara angklung mudah berubah. Bambu yang telah di seleksidipotong pada musim kemarau dari pukul 9 pagi sampai pukul 3 sore hari. Setelah memotong dasar dari pohon bambu, dengan ukuran kurang lebih 2-3 jengkal dari permukaan tanah, bambu harus disimpan selama sekitar 1 minggu, sehingga bambu benar-benar tidak berisi air.Setelah seminggu, bambu harus dipisahkan dari cabang-cabangnya. Dan dipotong menjadi berbagai ukuran tertentu. Kemudian, bambu harus disimpan selama sekitar satu tahun untuk mencegah dari gangguan hama. Ada beberapa cara supaya kekuatan kayu bisa tahan lama, yaitu :ü  Prosedur yang harus diperhatikan adalah dengan cara merendam bambu di genangan lumpur, kolam atau sungai.ü  Prosedur lain bisa dengan cara diasapi di perapian (diunun), danü   Prosedur modern adalah dengan menggunakan formula cairan kimia tertentu sehingga kayu bisa tahan terhadap hama atau tahan cuaca.
1 5 1
2014-08-07T21:20:37+07:00
Bambu adalah bahan baku dari Angklung. Dipilih berdasarkan usia yaitu minimal 4 tahun dan tidak lebih dari 6 tahun dan dipotong pada musim kemarau dari pukul 9 pagi sampai pukul 3 sore hari. Setelah memotong dasar dari pohon bambu, dengan ukuran kurang lebih 2-3 jengkaldari permukaan tanah, bambu harus disimpan selama sekitar 1 minggu, sehingga bambu benar2 tidak berisi air.
Setelah seminggu, bambu harus dipisahkan dari cabang-cabangnya. Dan dipotong menjadi berbagai ukuran tertentu. Kemudian, bambu harus disimpan selama sekitar satu tahun untuk mencegah dari gangguan hama. Beberapa prosedur adalah: dengan cara merendam bambu di genangan lumpur, kolam atau sungai, juga bisa dengan cara diasapi di perapian (diunun), dan prosedur modern: dengan menggunakan formula cairan kimia tertentu.
2 5 2