Jawabanmu

2014-08-07T15:15:30+07:00
Sebagai pondasi negara mungkin :v
Tergantung kedudukan pancasila dalam hal apa dulu..
sebagai dasar suatu negara
sebagai ideologi negara indonesia
Jawaban paling cerdas!
2014-08-07T15:15:39+07:00
Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara tersebut dapat dirinci sebagai berikut : 
a). Pancasila sebagai dasar negara adalah merupakan sumber hukum (sumber tertib hukum) Indonesia. Dengan demikian Pancasila merupakan asas kerokhanian tertib hukum Indonesia yang dalam Pembukaan UUD 1945 dijelmakan lebih lanjut ke dalam empat pokok pikiran. 
b). Meliputi suasana kebatinan Geistlichenhintergrund) dari Undang-Undang Dasar 1945 
c). Mewujudkan cita-cita hukum bagi hukum dasar negara (baik hukum dasar tertulis maupun tidak tertulis). 
d). Mengandung norma yang mengharuskan Undang-Undang Dasar me­ngandung isi yang mewajibkan pemerintah dan lain-lain penyelenggara negara . (termasuk para penyelenggara partai dan golongan fungsional) untuk memelihara budi pekerti (moral) kemanusiaan yang luhur dan memegang teguh cita-cita moral rakyat yang luhur. Hal ini sebagaimana tercantum dalam pokok pikiran keempat yang bunyinya sebagai berikut : “.................Negara berdasarkan atas Ketuhanan yang Maha Esa. menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab ". 
e). Merupakan sumber semangat bagi Undang-Undang Dasar 1945, bagi penyelenggara negara. para pelaksana pemerintahan (juga para penye­lenggara partai dan golongan fungsional).
Dan sebagai dasar dalam menjalankan susunan pemerintahan di indonesia