1). Bu Tanti pergi ke swalayan cinta setiap 8 kali sehari . bu dewa pergi ke swalayan cinta setiap 12 hari sekali .pada tanggal 1 maret 2012 , mereka pergi ke swalayan cinta secara bersama sama. pada tanggal berapa mereka pergi bersama sama untuk kedua kalinya ?
2. lonceng emas berbunyi setiap 8 menit sekali .
lonceng perak berbunyi setiap 12 menit sekali .
lonceng perunggu berbunyi setiap 30 menit sekali.
ketiga lonceng tersebut berbunyi bersamaan pada pukul 12.00 .
pada pukul berapa ketiga lonceng itu berbunyi secara bersamaan untuk kedua kalinya dan ketiga kalinya ?
3. wawan mempunyai 20 kelereng hijau ,30 kelereng putih dan 45 kelereng merah . kelereng tersebut akan dimasukkan ke dalam beberapa toples . tiap toples berisi ketiga jenis kelereng dengan jumlah yang sama . berap atoples yang ibutuhan wawan ?

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-07T13:18:11+07:00
1. pada tanggal 25 maret 2012
Tentukan Kpk 4 dan 5
8= 2^{3} 
12=2^{2}
 
KPK(8, 12)= 2^{3} x 3 = 24
Maka,setiap 24 hari sekali bu tanti Dan bu dewa akan pergi ke swalayan cinta bersama-sama.
Untuk mengetahui pada tanggal berapa mereka akan pergi ke swalayan cinta bersama untuk kedua kalinya setelah tanggal 1 Maret 2012 adalah 1(maret 2012)+24=25 maret 2012.
Jadi, Bu Tanti dan bu Dewa akan pergi ke swalayan cinta bersama-sama untuk keduakalinya pada tabggal 25 maret 2012
.

1 5 1
2014-08-07T13:24:07+07:00
1.Pada tanggal 25 Maret 2012
2.Pkl 14.00
3.5 toples