Tolong dongg :"3
ada 2 pertanyaan nih u,u

1. faktor apa yg memengaruhi bnyk sedikitnya produksi urine manusia?

2. proses pembentukan urine pd manusia berlangsung melalui 3 tahap utama. jelaskan mengenai tempat & hasil dari ke3 tahap tsb!

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-06T23:16:10+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. Fator yang memengaruhi banyak sedikitnya produksi urin manusia :
- Jumlah air yang diminum
- Produksi insulin di dalam tubuh
- Produksi hormon ADH
- Kecepatan reaksi metabolisme

2. Pembentukan urin terjadi di ginjal, tepatnya pada nefron.
Di nefron terdapat :
- Glomerulus
- Tubulus kontortus
- Lengkung henle
- Tubulus distal
- Tubulus kolektivus

Proses pembentukan urine meliputi 3 tahap yaitu :
 a. Tahap penyaringan (filtrasi).
Tahap filtrasi terjadi di badan Malpighi yang di dalamnya terdapat glomerulus yang dikelilingi sangat dekat oleh kapsula Bowman .

Proses filtrasi: Ketika darah yang mengandung air, garam, gula, urea dan zat-zat lain serta sel-sel darah dan molekul protein masuk ke glomerulus, tekanan darah menjadi tinggi sehingga mendorong air dan komponen-komponen yang tidak dapat larut, melewati pori-pori endotelium kapiler glomerulus, kecuali sel-sel darah dan molekul protein. Kemudian menuju membran dasar dan melewati lempeng filtrasi, masuk ke dalam ruang kapsula Bowman. Hasil filtrasi dari glomerulus dan kapsula Bowman disebut filtrat glomerulus atau urine primer.

Urine primer ini mengandung: air, protein, glukosa, asam amino, urea dan ion anorganik. Glukosa, ion anorganik dan asam amino masih diperlukan tubuh. b. Tahap penyerapan kembali (reabsorpsi). Filtrat glomerulus atau urine primer mengalami tahap reabsorpsi yang terjadi di dalam tubulus kontortus proksimal, dan lengkung Henle. Proses tahap ini dilakukan oleh sel-sel epitelium di seluruh tubulusginjal. Banyaknya zat yang direabsorpsi tergantung kebutuhan tubuh saat itu.

Zat-zat yang direabsorpsi antara lain adalah: glukosa, asam amino, ion-ion Na+, K+, Ca, 2+, Cl-, HCO3-, dan HbO42-, sedangkan kadar urea menjadi lebih tinggi. Proses reabsorpsi, mula-mula urine primer masuk dari glomerulus ke tubulus kontortus proksimal, kemudian mulai direabsorpsi hingga mencapai lengkung Henle. Zat-zat yang direabsorpsi di sepanjang tubulus ini adalah glukosa, ion Na+, air, dan ion Cl-. Setiba di lengkung Henle, volume filtrat telah berkurang. Hasil tahap reabsorpsi ini dinamakan urine sekunder atau filtrat tubulus. Kandungan urine sekunder adalah air, garam, urea, dan pigmen empedu yang berfungsi memberi warna dan bau pada urine. Urine sekunder masuk ke dalam tubulus kontortus distal dan terjadi lagi penyerapan zat-zat yang tidak digunakan dan kelebihan air diserap sehingga terbentuk urine. c. Tahap Pengeluaran (Augmentasi). Urine sekunder dari tubulus kontortus distal akan turun menuju saluran pengumpul (tubulus kolektivas). Dari tubulus kolektivas, urine dibawa ke pelvis renalis, lalu ke ureter menuju kantung kemih (vesika urinaria)


1 5 1
2014-08-06T23:16:48+07:00
1. faktor2nya
- zat diuretik = misalnya kopi dan teh
- suhu
- aktivitas
- emosi

2. tahapan
filtrasi = penyaringan urine terjadi di glomerulus hasilnya filtrat primer.
reabsorpsi = penyerapan kembali zat2 yang masih berguna hasilnya filtrat sekunder
augmentasi = pengumpulan urine trjadi di tubulus pengumpul kemudian hasilnya urine sesungghnya yang di bawa ke kantong kemih