Jawabanmu

2016-09-08T17:52:47+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. HASIL TELAAH PANCASILA

Pengertian Dasar Negara

Dasar Negara adalah pegangan suatu negara yang menjadi sumber dari semua sumber hukum dan tata tertib hukum yang berlaku dalam negara tersebut.

Kedudukan dan Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara
Pancasila merupakan ideologi dasar bagi negara Indonesia. Pancasila adalah suatu dasar konstitusi yang berkedudukan lebih tinggi daripada Undang-Undang Dasar. Dengan kenyataan itu, maka dapat diketahui bahwa pancasila merupakan jiwa paling luhur, paling agung bagi bangsa dan negara Indonesia. Sila-sila dalam pancasila sangat melekat pada hati rakyat Indonesia, yang dapat dilihat dari bagaimana tata cara hidup masyarakat yang didasari Pancasila.

Arti Penting Pancasila Sebagai Dasar Negara
Bahwa diharapkan Pancasila mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia. Dan diharapkan pula Pancasila dijadikan sebagai pedoman bagi bagi bangsa Indonesia dalam bersikap, bertingkah laku  dan bertututur kata dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila diharapkan mampu mempererat, memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa walaupun kita beranekaragam suku bangsa, bermacam-macam bahasa dan berlainan agama, tapi tetap dipandang sebagai satu kesatuan bangsa, yaitu bangsa Indonesia.

Manfaat Pancasila sebagai Dasar Negara adalah:
Dapat menyelesaikan berbagai persoalan bangsa
Dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa
Dijadikan sebagai pedoman sebagai pedoman hidup

Akibat Apabila Negara Indonesia tidak Memiliki Dasar Negara adalah:
Dapat terombang-ambing oleh arus budaya asing, budaya global, politik global, ideologi global karena tidak punya pegangan, pedoman hidup, yaitu Pancasila
Tidak mampu menyelesaikan persoalan, permasalahan bangsa
Persatuan dan kesatuan bangsa akan rapuh dan runtuh

2. 
Kesimpulan dari Pancasila adalah:
Pancasila merupakan dasar negara. Sebagai dasar negara, nilai-nilai dasar Pancasila dijadikan sebagai norma dasar dan sumber normatif bagi penyusunan hukum positif negara, Sebagai negara yang berdasar atas hukum, segala pelaksanaan dan penyelenggaraan bernegara bersumber dan berdasar pada hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
1 5 1