Jawabanmu

2016-07-29T13:23:41+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Mata Najwa: Belajar Dari Ki Hajar Dewantara

Najwa Shihab: NS
Anies Baswedan: AB

NS: Selamat malam Mas Anies! Terima kasih sudah hadir. Mas Anies malam ini kita belajar dari Ki Hajar Dewantara. Kalau Anda pribadi, apa yang Anda maknai dari sosok dan juga apa yang sudah kita lihat dari Ki Hajar Dewantara sampai sekarang?

AB: Beliau adalah seorang pembelajar. Seseorang yang berasal dari sebuah tradisi yang punya akar sangat kuat di Indonesia, tetapi memiliki keluasan dan keterbukaan pandangan. Dan karakter keterbukaan, karakter pembelajar, itu yang sekarang menjadi sangat relevan untuk kita hari ini. Dan Ki Hajar menunjukka bahwa filosofinya tentang pendidikan itu filosofi yang sampai hari ini masih sangat relevan. Bahkan beliau mengistilahkan "taman siswa" atau tempat belajar itu "taman". Sesuatu yang penting sekali untuk sekarang kita kembalikan. Bagaiman institusi pendidikan itu menjadi sebuah institusi yang menyenangkan. Datang ke taman senang hati, berada di taman senang hati, pergi dari taman baru berat hati.

NS: Tidak mau pulang harusnya.

AB: Terbalik dengan keadaan sekarang.

NS: Sekarang ke sekolah berat Mas.

AB: Datang ke sekolah berat hati, berada di sekolah juga berat hati, pulang, senang hati. Nah itu masalah itu.

NS: (tertawa) Kebalik

AB: Jadi pelajaran dari Ki Hajar itu beliau menempatkan belajar sebagai sesuatu yang menyenangkan. Dan beliau itu sangat terbuka mengenai hal-hal baru, tetapi tetap dilakukan dengan kesadaran sebagai orang Indonesia.
1 1 1