Jawabanmu

2014-08-06T13:05:53+07:00
10 november diperingati sebagai hari  pahlawan karena seluruh pasukan pahlawan indonesia bertama bertempur dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan indonesia dan satu pertemouran terbesar dan terberat dalm sejarah revolusi nasional indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan indonesia terhadap kolonialisme
Jawaban paling cerdas!
2014-08-06T13:10:44+07:00
Kalau diteliti ya 10 November itu kan perebutan Surabaya. Waktu itu, hal ini dikarenakan Belanda mau merebut lagi Indonesia... yaudah deh... Indonesia dengan segala kekuatannya, mempertahankan kota Surabaya...

Awalnya Jendral Mallaby itu mati atau terbunuh... Sebenarnya sih yang membunuh adalah pihak Belanda sendiri.. Tapi, dituduh Indonesia yang melakukannya...
Akhirnya Mayor Jenderal Robert Mansergh mengeluarkan ultimatum yang berisi harus menyerahkan senjata2nya maksimal jam 6 pagi tanggal 10 November..

Bung Tomo tuh ga mau nyerahin.. Belanda di Indonesia tadi diboncengi oleh NICA langsung membombardir Indonesia dengan 30.000 Pasukan inf, trus tank dan Kapal terbang... (ga ada jet tempur yang digunakan waktu itu)

Walaupun akhirnya Surabaya jatuh ditangan Inggris, tapi itu adalah pertempuran Terbesar dan juga Terlama dari dugaan Inggris. Dengan 3 minggu, Surabaya terebut...

Menurut om Wiki, Setidaknya 6,000 - 16,000 pejuang dari pihak Indonesia tewas dan 200,000 rakyat sipil mengungsi dari Surabaya. Korban dari pasukan Inggris dan India kira-kira sejumlah 600 - 2000 tentara.



Kalau Mau memahami ini, gunakan kata2 yang bisa kamu pahami... juga pake Imajinasi.. jadi gampang dah
Makasih
Sama2... Yang jelas jangan dihafalkan.. dimengerti aja
ya makasih sarannya