Jawabanmu

2014-08-06T05:03:52+07:00
Jika didasarkan pada orang yang pertama kalinya menghadirkan kata sel atau Cell, maka Robert Hooke (1635-1703) lah orangnya. Ia, dengan memakai mikroskop, mencoba mengamati benda berupa sayatan gabus. Ia kemudian menjumpai adanya rongga-rongga kering yang mirip dengan sarang lebah dengan pola yang acak tidak beraturan. Robert Hooke kemudian menamai pori-pori tersebut dengan nama cells karena tampilannya yang mirip dengan bilik kecil yang ada di penjara dan juga biara. Jadi, bisa dikatakan Robert Hooke-lah yang pertama kali menggunakan istilah sel. Meskipun apa yang dijumpainya sebenarnya merupakan dinding sel yang telah kosong karena sel pada gabus tersebut telah mati. Selanjutnya, Hooke kemudian menjalankan serangkaian pengamatan pada tumbuhan dan menemukan sel yang berisi cairan.

Di belahan dunia lain, Antony Van Leewenhoek yang berasal dari Belanda berhasil melihat penampakan sel dama darah merah, khamir, spermatozoid, protozoa dan jga bakteri. Antony menggunakan mikroskop yang ia rancang sendiri. Di tahun 1673, ia mengirimkan surat dan memberitahukan kepada Royal Society mengenai penemuannya tersebut. Di dalam suratnya, Antony mengabarkan bahwa ia berhasil menemukan hewan kecil atau yang ia sebut dengan nama animalcule (hal ini kemudian oleh ilmuan modern dianggap bakteri).

Bergulir ke masa berikut, setelah penemu sel Robert Hooke, muncullah banyak ilmuan yang juga ikut meneliti materi-materi mikroskopik. Mereka kemudian menemukan struktur hijau daun atau kloroplas, mengamati sel hewan, mulai menemukan nucleus atau inti sel (ditemukan oleh tokoh bernama Robert Brown di tahun 1831), fungsi sel, sifat-sifat sel dan masih banyak lagi lainnya. Sesungguhnya penelitian terhadap sel masih berlanjut hingga sekarang, namun jika ditanyakan siapa tokoh penemu sel yang menjadi pionir penelitian lanjutan terhadap materi tersebut, maka kita tak boleh luput dari nama Robert Hooke dan juga Antony van Leeewenhoek.