Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-05T13:46:36+07:00
Membuat laporan biasanya dilakukan dalam mengerjakan tugas laporan prakerin atau laporan kegiatan yang ditugaskan oleh guru. Bagi Anda yang sedang mencari contoh laporan yang baik dan benar lanjutkanlah membaca artikel ini hingga akhir. Membuat laporan bisa dibilang mudah, juga sulit. Karena memang laporan harus mempunyai format penulisan yang baik.

Laporan adalah segala sesuatu, baik itu peristiwa atapun kegiatan yang dilaporkan dan dapat berbentuk lisan ataupun terltulis berdasarkan fakta yang terjadi. Laporan memiliki berbagai jenis, seperti laporan perjalanan, laporan penelitian, dan laporan perjalanan. Pada hakikatnya, laporan perjalanan adalah cerita tentang perjalanan yang kita lakukan. Laporan perjalanan termasuk laporan nonformal karena tidak menggunakan sistematika standar laporan resmi. Berikut adalah beberapa contoh cara membuat laporan dengan penulisan yang benar.

Sebuah laporan harus memiliki format yang baik dan mengandung beberapa sifat seperti berikut:

- Mengandung imaginasi
- Laporan harus sempurna dan lengkap
- Laporan harus disajikan secara menarik
- Macam-Macam Laporan

Cara Membuat Laporan
Sistematika Laporan terdiri dari :
- Kata Pengantar
- Daftar Isi
- Daftar Tabel
- Daftar Gambar
- Daftar Lampiran

Bab I. Pendahuluan

A. Latar Belakang Penelitian/Pengamatan
(Mengapa kita mengamati peristiwa tersebut)

B. Tujuan Pengamatan
(Untuk apa kita mengamati peristiwa tersebut )

C. Kegunaan Pengamatan(Apa manfaat atau kegunaan kita melakukan pengamatan, baik untuk kita sendiri maupun untuk orang lain)

Bab II. Isi Utama Laporan
(disini dibahas mengenai cara pengolahan (termasuk bahan-bahan untuk pembuatan manisan, alat-alat yang digunakan, berapa biaya yang diperlukan dll), hasil dari pengolahan, pemasaran, siapa yang membelinya dan lain-lain yang menurut anda berhubungan dengan pengolahan manisan rumput laut.

Bab III. Kesimpulan dan Saran

A. Kesimpulan
Yakni, ringkasan terhadap pengamatan yang telah dilakukan.

B. Saran
(ditujukan untuk pembuat manisan, dan untuk penulis laporan)

Daftar Pustaka
(daftar sumber-sumber dari buku,majalah,koran dll)

Lampiran-Lampiran
(catatan-catatan yang kita peroleh dari orang yang kita teliti seperti daftar harga bahan-bahan pembuat manisan, dan lain-lain yang dikeluarkan oleh pembuat manisan)
1 5 1