Karena gempa bumi dapat menggangu keseimbangan air di laut dan kecepatan pergerakan air oleh karena itu air akan mencari keseimbangan dan terjadilah tusnami
jika terjadi gempa bumi di dasar laut atau di daratan dekat pantai itu menyebabkan tsunami,dan jika terjadi gempa bumi jauh dari daratan dekat pantai itu tidak menyebabkan tsunami

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-02-04T19:26:44+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Karna gempa adalah gerakan dasar 
yang paling dasar dari relief bumi yaitu dasar laut
dasar laut sangat terasa ketika terjadi gempa dan dasar laut tergincang sehingga menimbulkan tsunami
:)
gempa bumi dapat menimbulkan tsunami karena saat permukaan dasar laut bergerak naik turun akan menyebabkan keseimbangan air menjadi terganggu.makin besar goyangan yang terjadi makin besar pula tenaga gelombang yg dihasilkan
2014-02-04T19:27:20+07:00
Karena gempa bumi biasanya terjadi akibat pergeseran lempeng bumi, ketika itu terjadi air laut masuk kedalam. kemudian tak lama setelah itu air laut langsung menyembur keluar^^