Sebuah kapal niaga bergerak mendekati menara sirine yang mengeluarkan bunyi dengan frekuensi 2000Hz. jika nahkoda dari atas kapal mendengar bunyi sirine dengan frekuensi 2100 Hz. Kecepatan bunyi di udara adalah 340 m/s, maka kecepatan kapal tersebut adalah... m/s...mohon penjelasannya ya

2

Jawabanmu

2014-08-04T18:40:37+07:00
Fp ;  \frac{v+vp}{v+vs} . fs
2100 =  \frac{340+X}{340+0} . 2000
714000 = 680000 + 2000x
714000-68000 = 2000X
2000X=34000
X(vp) = 17m/s

maaf kalo masih salah saya masih mencoba:)
2 5 2
Jawaban paling cerdas!
2014-08-04T18:46:00+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Fs = 2000 Hz
fp = 2100 Hz
v=340 m/s
Vs = 0 (sirine diam)
Vp = positif karena pendengar mendekati sumber

ditnya : Vp?

jwab:
fp= \frac{V+Vp}{V+Vs}fs \\ \\  2100= \frac{340+Vp}{340}.2000 \\  \\  \frac{2100}{2000}= \frac{340+Vp}{340}  \\  \\ 1,05=\frac{340+Vp}{340} \\  \\ 357=340+Vp \\  \\ Vp=17~m/s 
materinya tentang apa ya..?
efek doppler
thanks ya..
sama sama