Jawabanmu

2014-02-04T19:07:50+07:00
Tantangan dan Peluang dalam Era GlobalisasiSelasa, 09 September 2008 11:00 WIB

(Vibiznews – Leadership) – Apa yang dimaksud dengan globalisasi? Lalu bagaimana posisi Indonesia dalam rangka menghadapi globalisasi? Apa saja langkah-langkah yang harus ditempuh bangsa kita? Berikut ini adalah lanjtan paparan Ketua DPR RI Agung Laksono mengenai tantangan dan peluang dalam era globalisasi pada kesempatan 5th Leadership Mentoring Sessions yang diselenggarakan pada Ary Suta Center pada Kamis 4 September lalu.

Globalisasi sesungguhnya sudah lama terjadi, yakni sejak abad 19, yaitu sejak adanya kontak dagang kerajaan-kerajaan di kepulauan Nusantara dengan para pedagang Eropa yang berujung pada penjajahan. Kemudian tingkat dan skala globalisasi juga kian pesat seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi serta kemenangan kekuatan kapitalis atas kekuatan sosialis/komunis.

Ia berpendapat bahwa globalisasi sebenarnya netral, tergantung bagaimana kita mengartikannya. Ada yang menilai globalisasi sebagai sesuatu yang positif karena memberikan peluang dan kesempatan yang sama kepada siapapun untuk bermain secara global. Namun ada pula yang menilai negative, karena ketimpangan penguasaan sumber daya (terutama modal) serta kemajuan teknologi informasi dan komunikasi berpotensi untuk menguntungkan negara kuat dan merugikan negara lemah. 
4 1 4