Jawabanmu

2014-08-03T20:44:12+07:00
1. gerak nasti  gerak bagian tumbuhan yang arahnya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang
2. gerak tropisme : gerak bagian tumbuhan yang menjauhi arah rangsang
3. gerak taktis : gerak berpindahnya arah tumbuhan yang arahnya ditentukan oleh arah datangna rangsang..

maaf jika salah, semoga membantu..
5 4 5
4. Gerak Tigmotropisme
Yaitu gerak bagian tumbuhan karena rangsangan
sentuhan. Contoh : sulur pada tanaman anggur
dan ketimun yang membelit pada benda atau
dahan lain yang disentuhnya.
5. Gerak Kemotropisme
Yaitu gerak bagian tumbuhan karena adanya
rangsangan bahan kimia. Misal : pertumbuhan
pembuluh serbuk sari menuju bakal buah pada saat
pembuahan tumbuhan berbunga
Gerak Nasti
Yaitu gerak bagian tumbuhan yang arahnya tidak dipengaruhi oleh
arah datangnya rangsangan.
1. Gerak Tigmonasti
Yaitu gerak nasti yang dipengaruhi oleh
sentuhan. Misal : gerak menutupnya daun
putri malu karena sentuhan tangan ( daun
menjadi menutup karena ada perubahan
tekanan turgor di tangkai daun ).
2. Gerak Fotonasti
Yaitu gerak nasti karena rangsangan cahaya
matahari. Misal : bunga pukul empat mekar
pada sore hari karena rangsangan cahaya
matahari pada saat itu.
3. Gerak Termonasti
Yaitu gerak nasti yang dipengaruhi oleh
rangsangan suhu. Misal : bunga tulip mekar
pada hari – hari hangat pada musim semi.
Gerak Taksis
Yaitu gerak perpindahan tempat sebagian atau seluruh bagian
tumbuhan akibat adanya rangsangan. Umumnya terjadi pada
tumbuhan tingkat rendah.
1. Gerak Kemotaksis
Yaitu gerak taksis yang disebabkan oleh zat
kimia. Misal : gerak sel gamet jantan menuju
sel gamet betina pada tumbuhan lumut.
2. Gerak Fototaksis
Yaitu gerak taksis yang disebabkan oleh
cahaya. Misal : ganggang hijau
Chlamydomonas yang langsung bergerak
menuju cahaya yang intensitasnya sedang.
Jawaban paling cerdas!
2014-08-03T21:12:30+07:00
Gerak etionom merupakan reaksi gerak tumbuhan yg disebabkan oleh rangsangan dari luar tumbuhan.
1. Gerak Tropisme yaitu gerak yg dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Gerak tropisme positif merupakan gerak tumbuhan yg menuju arah datangnya rangsangan sedangkan gerak tropisme negativ merupakan gerak yg menjauhi arah datangnya rangsangan. Dibagi menjadi tiga macam gerak berdasarkan jenis rangsangan yg diterima oleh tumbuhan yaitu; gerak fototropisme, geotropisme, hidrotropisme, tigmotropisme, dan kemotropisme.
2. Gerak nasti merupakan gerak sebagian bagian tumbuhan akibat rangsangan dari luar tumbuhan yg arah geraknya tdk ditentukan olh arah datangnya rangsangan dari luar tumbuhan. Gerak nasti dibedakan menjadi gerak tigmonasti atau seismonasti, termonasti, dan niktinasti.
3. Gerak taksis merupakan gerak bebas atau pindah tempat seluruh bagian tumbuhan menuju atau menjauhi arah datangnya rangsangan. Jk arah dtgnya menuju sumber rangsangan merupakan gerak nasti positif , sedangkan sebaliknya merupakan gerak nasti negativ. Menurut sumber rangsangannya dibagi menjadi; gerak fototaktis dan kemotaktis
2 5 2