Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-02T23:04:55+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Coelenterata 
 A.    Sistem reproduksi Reproduksi Coelenterata terjadi secara aseksual dan seksual.Reproduksi aseksual dilakukan dengan pembentukan tunas.Pembentukan tunas selalu terjadi pada Coelenterata yang berbentuk polip.Tunas tumbuh di dekat kaki polip dan akan tetap melekat pada tubuh induknya sehingga membentuk koloni. Reproduksi seksual dilakukan dengan pembentukan gamet (ovum dengan sperma).Gamet dihasilakan oleh seluruh Coelenterata bentuk medusa dan beberapa Coelenterata bentuk polip.Contoh Coelenterata berbentuk polip yang membentuk gamet adalah hydra.

B.    
Habitat :
Habitat Coelenterata seluruhnya hidup di air, baik di laut maupun di air tawar. Sebagian besar hidup di laut secara soliter atau berkoloni. Ada yang melekat pada bebatuan atau benda lain di dasar perairan dan tidak dapat berpindah untuk bentuk polip, sedangkan bentuk medusa dapat bergerak bebas melayang di air.

C.     Sistem pencernaan Mulut coelenterata dikelilingi oleh lengan-lengan halus (tentakel) berbentuk gelembung (hipnotoxin) yang berasal dari tonjolan dinding tubuhnya dan kait-kait dari benang. Coelenterata memiliki sistem pencernaan ekstraseluler dan sistem pencernaan intraseluler yang berlangsung di dalam sel gastrodermis (lapisan endoderm). Jika mangsa tertangkap tentakel menarik makanan ke arah mulut dan mendorongnya kedalam rongga tubuh. Makanan yang dicerna oleh enzim akan beredar ke seluruh rongga tubuh. Selanjutnya, makanan diserap oleh endoderm. Sistem pencernaan ini disebit gastrovaskuler.

D.   
Sistem Peredaran darah:
Pada Coelenterata, misalnya hydrozoa, makanan yang telah dicerna didalam rongga gastrovaskuler langsung diserap oleh sel-sel endoderma penyususun dinding rongga gastrovaskuler. Selanjutnya, sel-sel endoderma memberikan makanan ke sel-sel ektoderma secara difusi dan osmosisi. Sisa-sisa makanan dikeluarkan melalui mulutnya.

E.    
Sistem Respirasi
Coelenterata tidak memiliki alat respirasi atau pernapasan khusus. Pertukaran O2 dan CO2 dilakukan secara difusi.

 
F.      Sistem ekskresi Coelenterata juga tidak memiliki organ khusus untuk ekskresi. Sisa metabolisme berupa ammonia langsung dibuang melalui permukaan tubuhnya secara difusi kelingkungan air, tempat hidupnya.

G.   
Alat gerak
Coelenterata yang berbentuk polip bergerak dengan menggunakan telapak tubuhnya. Coelenterata yang berbentuk medusa bergerak dengan menggunakan tentakelnya.



2 5 2
2014-08-02T23:06:34+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Berikut ciri-ciri dari Coelenterata:
1. Tubuh simetri radial dan diploblastik.

2. Rongga tubuh berfungsi sebagai usus.

3. Memiliki tentakel yang berfungsi untuk menangkap atau melumpuhkan mangsa.

4. Pada tentakel dilengkapi dengan sel knidobiast/knidosit yang mengandung sel penyengat (nematokis).

5. Pengambilan gas O₂

6. Habitat di perairan (air tawar/laut).

7. Tubuh mengalami metagenesis menjadi dua tipe, yaitu:
- Tipe polip, yaitu tipe tubuh yang hidupnya tak bebas atau menempel pada substrat tertentu.
- Tipe medusa (seperti payung), yaitu tipe yang dapat hidup bebas (dapat berenang).

8. Sistem perkembangbiakannya, yaitu:
- Perkembangbiakan secara tidak kawin, melalui pembentukan tunas/kuncup yang menempel pada hewan induknya.
- Perkembangbiakan kawin melalui fertilisasi eksternal, yaitu dengan penyatuan sperma dengan sel telur hingga membentuk zigot.