Jawabanmu

2014-02-04T18:01:32+07:00
Untuk menentukan nada dasar tangga nada 1# diambil dari nada kelima tangga nada dasar. Untuk menentukan nada dasar tangga nada 2# diambil dari nada kelima tangga nada 1#, dst. Sehingga bila diurutkan menjadi : Tangga nada dasar : C-D-E-F-G-A-B-C Tangga nada 1# : G-A-B-C-D-E-F#-G Untuk menentukan nada-nadanya pake rumus satu-satu-setengah-satu-satu-satu-setengah di atas. Uraiannya : G ke A =1, A ke B = 1, B ke C = 1/2, C ke D = 1, D ke E = 1, E ke F# = 1, dan F# ke G = 1/2. Sehingga bila diteruskan menjadi : Tangga nada 2# : D-E-F#-G-A-B-C#-D Tangga nada 3# : A-B-C#-D-E-F#-G#-A Tangga nada 4# : E-F#-G#-A-B-C#-D#-E Tangga nada 5# : B-C#-D#-E-F#-G#-A#-B Tangga nada 6# : F#-G#-A#-B-C#-D#-E#-F# Tangga nada 7# : C#-D#-E#-F#-G#-A#-B#-C# Terhenti sampai 7#, karena semua nadanya sudah jadi #. Tangga Nada Mol (b) Tangga nada mol rumusnya nada dasar diambil dari nada keempat tangga nada sebelumnya, dan rumus urutannya seperti di atas juga satu-satu-setengah-satu-satu-satu-setengah. Sehingga urutannya menjadi: Tangga nada dasar : C-D-E-F-G-A-B-C Tangga nada 1b : F-G-A-Bb-C-D-E-F Tangga nada 2b : Bb-C-D-Eb-F-G-A-Bb Tangga nada 3b : Eb-F-G-Ab-Bb-C-D-Eb Tangga nada 4b : Ab-Bb-C-Db-Eb-F-G-Ab Tangga nada 5b : Db-Eb-F-Gb-Ab-Bb-C-Db Tangga nada 6b : Gb-Ab-Bb-Cb-Db-Eb-F-Gb Tangga nada 7b : Cb-Db-Eb-Fb-Gb-Ab-Bb-Cb Untuk tangga nada minor, baik kres maupun mol berlaku rumus yang sama untuk penentuan nada dasarnya, namun rumus jaraknya berbeda dengan memakai formula satu-setengah-satu-satu-setengah-satu-satu.
1 5 1
2014-02-04T18:08:17+07:00
 Tanda Kres & Mol Dalam musik, not biasa C-D-E-F-G-A-B bisa dinaikan atau diturunkan setengah nada. Untuk menaikkan dan menurunkan nada tersebut membutuhkan tanda kromatik (accidentals, dalam bahasa inggris). Tanda untuk menaikkan setengah nada adalah kres (#), dan untuk menurunkan setengah nada adalah mol (b). Tanda Kromatik ini diletakkan di belakang nama not, contoh : A#, Bb, dll.

Kita ambil contoh pada fret gitar. Senar pertama (senar paling bawah, yang paling tipis) memiliki nada E jika dipetik tanpa menekan senar, nada F jika fret pertama ditekan, nada G jika fret 3