Jawabanmu

2014-08-01T20:24:10+07:00
Pertama, kemiskinan yang terlalu lama. Kedua, kecemburuan sosial karena jurang antara kaya dan miskin secara struktural maupun spasial semakin melebar. Ketiga, rasa ketidak-adilan yang meluas.
2014-08-01T20:58:09+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Sistem komunis yang ada di Unisoviet saat itu membawa situasi kemiskinan karena bentuk pemerintahan yang tidak fleksibel, kaku, dan korup. Sehingga pada saat itu Michal Gorbachev mencetuskan untuk mengakhiri masa tersebut dengan dua hal

1. Glasnot -> Pemerintah soviet dengan konsep komunisnya menebarkan terror dan ketakutan apabila masyarakat mencoba melakukan subversif atau kudeta terhadap pemerintah, oleh karena itu setiap orang khawatir kalau tetangga mereka akan melaporkan ke KGB. Termasuk jam malam di soviet dimana lampu harus mati setelah jam 10 malam. Mencekam lah pokoknya. Oleh karena itu glasnot artinya keterbukaan atau pemerintah mulai terbuka dan orang tidak perlu khawatir apabila tiba tiba ditahan oleh KGB.

2. Perestroika -> Artinya restrukturisasi, pada masa yang lalu semua hal yang berkaitan dengan ekonomi dikuasai oleh negara, dan hal itu memunculkan kemiskinan karena negara tidak bisa mengcover seluruh perekonomian masyarakat. Oleh karena itu restrukturisasi membuat masyarakat mendapat keleluasaan untuk menciptakan usaha mereka sendiri.

Nah dua hal tadi membuat kekuasaan soviet menjadi tidak begitu kuat lagi terhadap wilayah wilayah yang lokasinya berjauhan dari Moskow. Perbedaan latar belakang, suku ras, dan keinginan untuk merdeka membuat soviet union kehilangan banyak wilayah kekuassaan. Salah satunya adalah begitu kuatnya perjuangan Lech Walesa di Polandia beserta John Pope the Second dalam memerdekakan Polandia.