Jawabanmu

2014-07-31T11:32:05+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Kedudukan Pancasila
sebagai dasar negara dan sebagai sumber dari
segala sumber hukum. Pancasila dalam kedudukannya ini sering disebut sebagai Dasar Filsafat atau Dasar Falsafah Negara (Philosofische Gronslag) dari Negara, ideologi Negara atau (Staatsidee). Dalam pengertian ini pancasila merupakan suatu dasar nilai serta norma untuk mengatur pemerintahan
Negara atau dengan kata lain perkataan. Pancasila merupakan suatu dasar untuk mengatur penyelenggaraan Negara. Konsekuensinya seluruh pelaksanaan dan
penyelenggaraan Negara terutama segala peraturan perundang-undangan
termasuk proses reformasi
dalam segala bidang dewasa ini
dijabarkan dan diderivasikan
dari nilai-nilai pancasila. Maka
pancasila merupakan Sumber dari segala sumber hukum ,
pancasila merupakan sumber
kaidah hukum Negara yang
secara konstitusional
mengatur Negara Republik
Indonesia beserta seluruh unsur-unsurnya yaitu rakyat
wilatah, beserta pemerintah
Negara
Sebagai dasar Negara,
Pancasila merupakan suatu
asas kerokhanian yang meliputi suasana kebatinan atau cita-
cita hukum, sehingga
merupakan suatu sumber nilai,
norma serta kaidah, baik moral
maupun hukum Negara, dan
menguasai hukum dasar baik yang tertulis atau Undang-
Undang Dasar maupun yang
tidak tertulis atau Dalam
kedudukannya sebagai dasar
Negara, Pancasila mempunyai
kekuatan mengikat secara hukum. Sebagai sumber dari segala
hukum atau sebagai sumber
tertib hukum Indonesia maka
Setiap produk hukum harus
bersumber dan tidak boleh
bertentangan dengan Pancasila. Pancasila tercantum
dalam ketentuan tertinggi
yaitu Pembukaan UUD 1945,
kemudian dijelmakan atau
dijabarkan lebih lanjut dalam
pokok-pokok pikiran, yang meliputi suasana kebatinan
dari UUD 1945, yang pada
akhirnya dikongkritisasikan
atau dijabarkan dari UUD1945,
serta hukum positif lainnya.
Pancasila sebagai dasar filsafat negara, pandangan hidup
bangsa serta idiologi bangsa
dan negara, bukanlah hanya
untuk sebuah rangkaian kata-
kata yang indah namun semua
itu harus kita wujudkan dan di aktualisasikan di dalam
berbagai bidang dalam
kehidupan bermasarakat,
berbangsa dan bernegara. Pancasila sebagai dasar
negara menunjukkan bahwa
Pancasila itu sebagai sumber
dari segala sumber hukum
atau sumber dari seluruh
tertib hukum yang ada di Negara RI.
Berarti semua sumber hukum
atau peraturan2, mulai dari
UUD`45, Tap MPR, Undang-
Undang, Perpu (Peraturan
Pemerintah Pengganti Undang2), PP (Peraturan
Pemerintah), Keppres
(Keputusan Presiden), dan
seluruh peraturan pelaksanaan
yang lainnya, harus berpijak
pada Pancasila sebagai landasan hukumnya. Semua produk hukum harus
sesuai dengan Pancasila dan tidak boleh bertentangan dengannya.
Oleh sebab itu, bila Pancasila diubah, maka seluruh produk
hukum yang ada di Negara RI
sejak tahun 1945 sampai
sekarang, secara otomatis
produk hukum itu tidak
berlaku lagi. Atau dengan kata lain, semua produk hukum
sejak awal sampai akhir, semuanya, ‘Batal Demi
Hukum’. Karena sumber dari segala sumber hukum yaitu
Pancasila, telah dianulir. Oleh sebab itu Pancasila tidak  bisa diubah dan tidak boleh
diubah.



32 4 32
Ini jawaban nya panjang amat ya
Inti nya yg diambil bisa kan
Kedudukan Pancasila
sebagai dasar negara dan sebagai sumber dari
segala sumber hukum. Pancasila dalam kedudukannya ini sering disebut sebagai Dasar Filsafat atau Dasar Falsafah Negara (Philosofische Gronslag) dari Negara, ideologi Negara atau (Staatsidee). Dalam pengertian ini pancasila merupakan suatu dasar nilai serta norma untuk mengatur pemerintahan
Negara atau dengan kata lain perkataan. Pancasila merupakan suatu dasar untuk mengatur penyelenggaraan Negara.
Jawaban paling cerdas!
2014-07-31T11:35:22+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Kedudukan pancasila sebagai dasar dari segala hukum maupun pedoman bangsa adalah diambil dari pancasila sebagai lambang kehidupan ataupun kebiasaan hidup masyarakat sejak masa lampau dari tata cara ketuhanan juga pengaturan sistem sosial.
75 3 75