Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-07-30T19:13:48+07:00
Aku akan menjawabnya dan jangan lupa tandai sebagai yg terbaik

Gerak Higroskopis
Gerak Higroskopis adalah gerak bagian tumbuhan yang disebabkan oleh perubahan kadar air di dalam sel-selnya sehingga terjadi pengerutan. Contohnya pecahnya kilit buah polong-polongan, membukanya kotak spora tumbuhan paku dan lumut untuk mengeluarkan spora.

Gerak Autonom (Endonom)
Gerak Autonom adalah gerak yang belum diketahui secara jelas penyebabnya dan munkin ransangan yang terjadi di dalam tubuh tumbuhan itu sendiri.
Contoh:
Gerak plasma didalam sel, Mengatupnya kuncup daun yang disebabkan oleh perbedaan percepatan tumbuhan yang terlihat pada daun kubis.

Semoga bisa membantu ^_^





7 4 7
2014-07-30T21:20:29+07:00
Higroskopis : - gerak membukanya kotak sporangium tumbuhan paku oleh annulus
                    - pecahnya kulit buah tanaman lamtoro yg sudah kering
                    - pecahnya kulit buah tanaman karet yg sudah kering
                    - pecahnya kulit buah tanaman flamboyan yg sudah kering
                    - pecahnya kulit buah pacar air
Endonom  : - gerak aliran sitoplasma dalam sel seperti pada daun Hydrilla verticillata yg membantu aliran siklus.
                 - gerak kromosom saat membelah
                 - gerak tumbuhnya akar
                 - gerak tumbuhnya batang
                 - gerak tumbuhnya daun dan bunga
6 3 6