Ini PR tolonggg dijawab dgn sungguh-sungguh yah :)
Tentukan apakan penaamaann berikut benar menurut IUPAC , jika benar tuliskan strukturnya
Jika salah tuliskan penamaan yg benar

A . 2-etilpropana

B. 2-metil-3-etilbutana

C. 2,3,4-trimetilpentana

D. 2-etil-1-metilpentana

E. 2-metilpropana

F. 2-etilbutana

G. 3,4-dimetilpentana

H. 3-etilpentana

I. 4-tersier-butilheksana

tolonggg tuliss STRUKTUR jika benarrrr dan PENAMAAN YG BENAR jika salahhhh !!!!!! :)
Terima kasihhh.... :)

2

Jawabanmu

2014-07-30T18:16:10+07:00
A. C - C - C
         |
       C2H5
b. 2 - etil - 3- metil butana
   C - C - C - C
         |     |
     C2H5 CH3
c. C - C - C - C - C
          |    |     |
      CH3 CH3 CH3
d. 2 etil - 3 metil pentana
e. C - C - C
          |
        CH3
f. C - C - C - C
         |
       C2H5
G. C - C - C - C - C
                |    |
            CH3  CH3
h. C - C - C - C - C
               |
            C2H5
7 4 7
Jawaban paling cerdas!
2014-07-30T18:29:28+07:00
Klo ada yang salah mohon maaf sebelumnya!
catatan :  
1. rantai induk merupakan rantai terpanjang yang memiliki banyak cabang
2. penomoran dimulai dari salah satu ujung rantai sehingga cabang-cabang mendapat nomor terkecil

6 5 6