**PR Matematika**

1. Andi menaiki perahu motor yang melaju dengan kecepatan motornya konstan 50 km/jam melawan arus sungai yang kecepatan airnya konstan. Di tengah perjalanan tanpa disadari pelampungnya terjatuh ke air dan terbawa arus sungai. 20 menit kemudian ia baru mengetahuinya, dan segera berbalik arah untuk mencarinya.

Jika ia berhasil menemukannya pada posisi 30 km ke arah hilir dari tempatnya berbalik tadi. Berapakah laju arus sungai tersebut?

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-07-30T08:18:59+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Andi menaiki perahu motor yang melaju dengan kecepatan motornya konstan 50 km/jam melawan arus sungai yang kecepatan airnya konstan. Di tengah perjalanan tanpa disadari pelampungnya terjatuh ke air dan terbawa arus sungai. 20 menit kemudian ia baru mengetahuinya, dan segera berbalik arah untuk mencarinya.

Jika ia berhasil menemukannya pada posisi 30 km ke arah hilir dari tempatnya berbalik tadi. Berapakah laju arus sungai tersebut?

Jawab:
x = kecepatan motor perahu
y = kecepatan arus/pelampung
x-y = kecepatan perahu melawan arus
x+y = kecepatan perahu searah arus

v = s/t
kecepatan = jarak/waktu

Saat pelampung jatuh, 20 menit = 1/3 jam kemudian jarak antara perahu dan pelampung :
1/3 (x-y) + 1/3 y 
= 1/3 x
= 1/3 * 50
= 50/3 Km

Saat perahu berbalik arah, bertemu pelampung setelah melaju 30 km dalam waktu (t) :
(x+y)t = 50/3 + yt
xt = 50/3
t = (50/3)/50
t = 1/3 jam

Jarak yang ditempuh perahu saat berbailk arah :
50/3 + y/3 = 30 km
50 + y = 90

y = 40 km/jam
Jadi,,laju arus sungai tersebut adalah 40km/jam..


**Maaf ya kalau salah
terima kasih Rio...Kamu memang baik...
2014-07-30T08:30:08+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Bisa langsung dicari sebenarnya
Laju air = (v₁ + v₂)/2
= (50 + 30)/2
= 40 km/jam
terima kasih Insan74...Kamu memang baik..