Apakah setiap benda yang digosok dengan benda lain akan bermuatan listik ?

2
jawabnya tidak semua benda bermuatan listrik cont: benda isolator dengan isolator tdk bermuatan listrik
hmm, itu kurang tepat, contoh balon dgn rambut, dua-duanya sama2 isolator. Triboelektrisitas ditentukan dari sifat-sifat 2 benda yg digosokkan (material, kekasaran permukaan, temperatur, ketegangan, dll)

Jawabanmu

2014-07-29T20:11:21+07:00
Ya, contohnya penggaris di gosokkan ke rambut
7 3 7
  • GOD
  • Terpelajar
2014-07-29T20:27:19+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Jawabannya ya
Setiap benda yang digosokkan satu sama lain akan memisahkan muatan-muatan satu benda dengan yang lainnya dan mengakibatkan gejala elektrostatis, hal ini disebut triboelektrisitas (triboelectric effect)

seperti rambut dengan balon dlsb.

namun, banyaknya elektron yang dipisahkan tergantung dari jenis benda tersebut. Misal ketika menggosokan kaca dgn mika, hanya sedikit elektron yang lepas dari kaca, bahkan bisa jadi tidak ada sama sekali. Tergantung ada tidaknya kontaminan atau oksida, atau pada sifat2 selain dari tipe material

Terdapat urutan2 benda dari benda yang menghasilkan muatan paling positif dan negatif ketika digosokkan pada urutan Rangkaian Listrik Tribo
25 3 25