Jawabanmu

2014-02-04T15:16:10+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

√ó
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.

Konstitusi (Constitutio) dalam bahasa latin, secara cakupan sempit berarti suatu sistem hukum yang diterapkan oleh suatu negara namun dalam cakupan besar, konstitusi dapat diartikan sebagai sebuah bentuk ketataan negara baik yang bersifat non hukum maupun hukum, sehingga dapat diartikan sebagai sistem pemerintahan dari suatu negara. Beberapa perbandingan kekuasaan Indonesia dan Amerika dapat dilihat dari berbagai segi: a. kekuasaan Amerika terdiri dari 3 kekuasaan yaitu : Legislatif yang terdiri dari House of Representatives dan Senate yang tergabung dalam sebuah kongres. Eksekutif yang terdiri dari Presiden dan Wakil Presiden sebagai pemimpin. Yudikatif yang terdiri dari MA (terdiri dari 1 ketua, 8 hakim agung), 13 Mahkamah Banding dan 95 Hakim Distrik).
Indonesia terdiri dari 3 kekuasaan yaitu: Legislatif yang terdiri dari DPR yang di bawahnya DPRD dan DPD. Eksekutif yang terdiri dari Presiden dan Wakil Presiden. Yudikatif yang terdiri dari MA dan MK.
b.Penafsiran Konstitusi AS berada di tangan MA federal sedangkan Indonesia memilikii hak uji materil terhadap UU di bawah UUD 1945 dengan MK dan hak uji materil terhadap peraturan di bawah UU ada di tangan MA.
c. Sistem Pemerintahan Sistem pemerintahan AS memberi wewnang kepada setiap negara bagian untuk mengurus wilayah masing2. Sistem pemerintahan Indonesia melimpahkan kekuasaan daerah pada Gubernur di setiap provinsi, Walikota di setiap kota, Buapati di setiap kabupaten dan bagian daerah kecil lainnya. Pada keseluruhannya akan melapor ke pusat sesuai tanggung jawab.
d. jabatan kepala negara Kepala negara AS menjabat selama 4 tahun. Kepala negara Indonesia menjabat selama 5 tahun.
e.Sistem Perekonomian Sistem pereekonomian AS menganut sistem perekonomian pasar. Sistem perekonomian Indonesia menganut sistem perekonomian campuran.
f. Teori kedaulatan  Amerika menganut teori kedaulatan hukum. Indonesia menganut teori kedaulatan rakyat.