Pada suatu hari, Onyod si Tukang Becak berniat membeli makan siangnya selepas mengayuh becaknya selama setengah hari. Tibalah ia di sebuah rumah makan sederhana milik Odah.
Onyod (Tukang Becak): "Mbak,,,! Saya cuman punya duit
3 rebu perak, nah kalo makan di warteg si Mbak ini bisa dapet daging
ayam atau ikan nggak, ya,,,?"
Odah (Pemilik Warteg): "Oalaaah
Mas, Mas,,,! Masa pake 3 rebu perak sampean bisa makan enak siiih,,,?
Mikir dong mikiiir, Mas,,,!"
Dengan menahan kesal karena
dibentak dan dihina si Mbak Pemilik Warteg, akhirnya Onyod si Tukang
Becak makan dengan hanya ditemani kerupuk, sedikit sambel dan sepiring
nasi,,,
Keesokan harinya ketika Onyod sedang mengayuh becaknya,
dari kejauhan ada yang memanggilnya, dan ternyata yang memanggilnya Odah
si Pemilik Warteg,,,

Odah: "Bang Onyod, anterin ke warteg saya yah,,,! Tiga rebu perak yaaah,,,!"

Onyod (Yang Masih Kesel Dengan Perlakuan Odah Kemaren Waktu Doski Makan): "Tiga rebu perak,,,? Ya udah, naik deh, Mbak,,,!"

Ketika melewati jalan menurun, kesempatan Onyod untuk membalaskan sakit hatinya kepada Odah si Pemilik Warteg,,,

Odah:
"Bang Onyod,,,! Hati-hati, jangan ngebut-ngebut ah,,,! Sering-sering di
rem, Bang,,,! Aku ngeriii niiih si Abang ngebut banget,,,!"

Onyod
(Sambil Senyum Puas): "Mbak, Mbak,,,! Masa sih dengan ongkos Cuma 3
rebu perak si Mbak pengen pake rem,,,? Dimana-mana juga kalo cuma bayar 3
rebu mah, ya nggak pake rem dooong, Mbaaak,,,!"

1. kata yang termasuk kata waktu lampau?
2. kata yang termasuk kata pertanyaan retorik?
3.kata yang termasuk kata sambung?
4.kata yang termasuk kata kerja?
5. kalimat yang termasuk kalimat perintah?
6. menulis ulang teks dalam bentuk monolog?

1

Jawabanmu

2014-07-27T17:22:52+07:00
1. Pada suatu hari, Onyod si Tukang Becak berniat membeli makan siangnya selepas mengayuh becaknya selama setengah hari. Tibalah ia di sebuah rumah makan sederhana milik Odah.

2. Mas, Mas,,,! Masa pake 3 rebu perak sampean bisa makan enak siiih,,,?
3. Dengan menahan kesal karena
dibentak dan dihina si Mbak Pemilik Warteg, akhirnya Onyod si Tukang
Becak makan dengan hanya ditemani kerupuk, sedikit sambel dan sepiring
nasi,,,

4.  kesempatan
5. "Bang Onyod,,,! Hati-hati, jangan ngebut-ngebut ah,,,! Sering-sering di
rem, Bang,,,! Aku ngeriii niiih si Abang ngebut banget,,,!"
2 5 2
maaf ya yang nomor 6nya gak dijawab. soalnya saya kurang bisa monolog
ya gpp