Jawabanmu

2014-02-04T12:06:56+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
ASPEK SOSIAL EKONOMI DALAM PEMANFAATAN PELABUHAN PERIKANAN Posted on 21 Januari 2013 by dedi15            Pelabuhan perikanan suatu wilayah  yang merupakan daerah terjadinya kontak antara dua bidang sirkulasi transpor berbeda yaitu sirkulasi transpor darat dan sirkulasi transpor maritim dimana peranan pelabuhan adalah untuk menjamin kelanjutan dari skema transpor yang berhubungan dengan dua bidang tersebut. Keberhasilan dan pengembangan pelabuhan perikanan serta optimalisasi dalam operasionalnya merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan dari pembangunan pelabuhan perikanan tersebut. Namun demikian, pada dasarnya kegiatan pembangunan pelabuhan termasuk pelabuhan perikanan yang telah dilakukan diharapkan dapat memberikan dampak secara fisik yang berupa ancaman terhadap kerusakan ekologi baik berupa kerusakan lahan, biologi, maupun pencemaran. Kemudian, seperti umumnya pada setiap kegiatan pembangunan yang telah dilaksanakan terjadi pula dampak sosial baik sosial maupun ekonomi, baik yang bersifat positif maupun negatif (Suratmo, 1998).           Pemanfatan yang dilaksanakan bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang sekaligus menunjang kehidupan ekonomi  nelayan dan masyarakat setempat antara lain adalah pembangunan pelabuhan seperti yang telah dilakukan dibeberapa wilayah kabupaten di Propinsi Lampung. Pembangunan pelabuhan perikanan berfungsi dalam pelayanan jasa dibidang perikanan termasuk docking, pengolahan ikan, sandar kapal dan pengadaan sarana penangkapan ikan
semoga membantu :)
1 5 1
2014-02-04T12:06:58+07:00
Hal ini dapat meningkat kebersamaan dalam masyarakat karena akan membuka lapangan kerja

1. Memberikan ruang lingkup yang lebih luas pada bidang perikanan tidak hanya dibidang teknik tetapi juga bidang kemasyarakatan dan ekonomi.
2. Memberikan rekomendasi tentang kelayakan usaha perikanan komersial yang akan dimulai atau pada awal usaha.
3. Memberikan pertimbangan ekonomi terhadap usaha perikanan yang komersial baik usaha skala kecil, besar yang telah berjalan.
4. Menberikan rekomendasi yang bermutu bagi pembangunan masyarakat nelayan maupun petani ikan.