Uraikan tentang :
- Pengertian dasar negara
- Kedudukan pancasila sebagai dasar negara
- Manfaat dasar negara
- Akibat tidak memiliki dasar negara
Tolong uraikan semua masing-masing minimal 1 paragraf
no copas and jawab ngasal

KALO INI PANDANGAN HIDUPNYA, DIURAIKAN SATU-SATU

2
ayo yang panjang bagi yang sanggup, jangan cuma 1 baris doang ya...
iya minimal 1 paragraf 3 kalimat. tolong berisi yang berbobot ya
wkwkwkw, meskipun ane pintar tapi tetap ga sanggup kecuali ane sarjana hukum, amin..
50 poin.........
vin jawab donk

Jawabanmu

2014-07-26T12:03:30+07:00
Asal kata dari :
dasar : fondamen/pondasi 
berdasarkan : memakai sebagai dasar,bersumber pada …..
Jadi Dasar negara berartiiiii  : pondasi bagi berdirinya suatu negara, sumber pelaksanaan kehidupan ketatanegaraan atau sumber segala peraturan yang ada dalam suatu negara 
- Apa dasar negara kita? Pancasila 

Pengertian Pancasila
 Sebagai Dasar Negara | Pancasila sebagai dasar negarasering disebut das ar falsafah negara (dasar filsafat negara/philosophische grondslag) dadri negara, ideologi negara (stgaatsidee). Dalam hal ini Pancasila dipergunakan sebarfrdgai dasar mengatur pffemerintahan negara. Detngan kata lain, Pancasila digunakan sebcagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan negara. 


Manfaat dasar negaraPandangan Hidup Bangsa Indonesia yaitu yang dijadikan pedoman hidup bangsa Indonesia dalam mencapai kesejahteraan lahir dan batin dalam masyarakat yang heterogen (beraneka ragam).Jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia, artinya Pancasila lahir bersama denganlahirnya bangsa Indonesia dan mderupakan ciri khas bangsa Indonesia dalam sikap mesntal maupun tingkah lakunya sehingga dapat membedakan dengan bangsa lain.Perjanjian Luhur frtinya Pancasila telah disepakati secara nasional sebagai dasar negara tanggal 18 Agustus 1945 melalui sidang PPKI (Panitia Persiapan kemerdekaan Indonesia).cSumber dari segala sumber tertib hukgum artinya; bahwa segabla peraturan pxerxundang- undaxngan yang becvrlaku bdi Indonesia harus bersumberkan Pancasila atau tidaxk bertentangan dengan Pancasila.Cita- cita dan tujuan yang akan dicapai bangsa Ixndonesia, yaitu masyarakat adxil dxan makmur yang merata materiil dan spiritual ynang berdajsarkan Pancasila.


Akibat tidak memiliki dasar negara
akibatnnya negara kita hancur dan tdk makmur oleh ssebabb itu kita harus pnya dasar negara jikn kita tdk punya dasar negara negara akan dijajah di hina karena tdk mememiliki dsar negara kita indonesia negara sukses walaupun sering terajadi pedebaatan tp tdk menimbulkan masalah bagi kita sendiri 
thank you deh, hehehe maklum ini pr, pusing udah
you welcome
ini pandangan hidup atau uraian nya?
maaf kalo ane salah ngetik deh
enggak inin penjelasan atau pandangan hidup?
Jawaban paling cerdas!
2014-07-26T13:29:53+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Pengertian dasar negara

Dasar negara adalah landasan kehidupan berbangsa dan bernegara yang keberadaannya wajib dimiliki oleh setiap negara dalam setiap detail kehidupannya.
Dasar negara juga berarti pedoman dalam mengatur kehidupan penyelenggaraan ketatanegaraan negara yang mencakup berbagai bidang kehidupan.

Kedudukan pancasila sebagai dasar negara 

Pancasila sebagai dasar fundamental negara Republik Indonesia
~ Pancasila merupakan landasan perilaku kebangsaan 
~ Pancasila merupakan tujuan dari negara Republik Indonesia
~ Sumber dari segala sumber hukum atau sumber tata tertib dalam negara


Manfaat dasar negara :

~ Menjadi pedoman bangsa
~ Sebagai dasar berdirinya suatu negar
~ Sebagai landasan idil negara
Merupakan jiwa dan kepribadian bangsa 
Sebagai pnentu tujuan serta pedoman bagi bngsa untuk mencapai cita cita bangsa
~ Sebagai alat pemersatu bangsa
~ Pandangan hidup bangsa
~ Ideologi negara
~ Dasar negara sangatlah penting bagi terbentuknya suatu negara yang kokoh .

Akibat tidak memiliki dasar negara :

1. Negara akan hancur , karena tidak ada yang dapat dijadikan pedoman / petunjuk dalam kehidupan bernegara 

2. Negara tanpa dasar negara berarti negara tersebut tidak memiliki pedoman dalam penyelenggaraan kehidupan bernegara, maka akibatnya negara tersebut tidak memiliki arah dan tujuan yang jelas, sehingga memudahkan munculnya kekacauan. 

3. Masyarakat bertindak secara semena-mena
matep coy
maksudnya mantep
tapi mana pandangan hidupnya?
apanye
kan gw nanya 2x, satu uraian biasa, kalo 2 ini mengarah ke pandangan hidup