Sebuah roda dengan diameter 0,6 m berputar 120 putaran/menit maka kecepatan linear suatu titik pada roda yang berjari-jari 0,3 m tersebut adalah ?

2
Dik:
Banyak putaran = 120/menit, (1 menit = 60 detik.)
R (jari-jari)= Diameter / 2 = 0,6 / 2 = 0,3
V = ?
Jawab :
V = 2.π x r x F (cari dulu F nya..!!)
F =(banyak putaran) / (detik(waktu))
F = (120 putaran) / (60 detik)
F = 2
V = 2.π x r x F
V= 2 x 3,14 x 0,3 x 2
V = 6,28 x 0,6
V = 3,768 m/s
Saya taunya kaya gini....

Jawabanmu

2013-12-10T22:00:19+07:00
W1.r1=w2.r2
120.0,3=w2.0,3
   36     =0,3w2
        w2=36/0,3
        w2=120

kecepatan linear=120.0,3=36
Jawaban paling cerdas!
2013-12-10T22:25:35+07:00
W= t. \frac{2 \pi }{60}
  = 120 x 2 \pi [/tex]:60
  = 4 \pi rad/s
V= w.R
  =4 \pi . 0,3
  =1,2 \pi
1 5 1